Strategi Pengembangan Objek Wisata di Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung

Bian Bethari Bethari, Ima Amaliah, Noviani Noviani

Abstract


Abstract.Tourism is a trip carried out for recreation or leisure. In the RPJM 2015-2019, tourism is a National priority. West Java is one of the provinces that has a large tourism potential. At present West Java is incessant increasing nature-based tourism. Rancabali is one of the areas in West Java that has great potential for natural tourism. Rancabali have 8 tourism objects with different type of attractions. In this potential there are some obstacles in the development, that is  the lack of tourism facilities and infrastructure and inadequate information on tourism objects. The purpose of this study was to determine the strategy of developing the right tourist attraction for tourism objects in the District of Rancabali using the SWOT analysis method.The results showed that the potential and strength possessed by Rancabali District tourism objects were the many types of tourist attractions that exist, there were differences in tourist attractions in each tourism objects, natural beauty, opening of the SOROJA toll road, affordable entry rates and supportive accommodation. Whereas the weaknesses and threats posed by tourism objects in Rancabali District are domination by local tourists and the development of tourism objects in other areas which are very aggressive. The strategy for developing tourism objects in Rancabali is to renew tourism object facilities and infrastructure, tourist attraction innovations and optimization of SOROJA toll roads to attract tourists from outside the region by sharing innovations with tourism objects.

Keywords : Tourism attraction, Tourism object, Tourism development

Abstrak.Pariwisata adalah perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan. Dalam RPJM 2015 – 2019, pariwisata menjadi prioritas Nasional. Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi pariwisata yang besar. Saat ini Provinsi Jawa Barat sedang gencar – gencarnya meningkatkan wisata berbasis alam. Kecamatan Rancabali merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata alam yang besar. Jumlah objek wisata alam yang ada di Rancabali sebanyak 8 objek wisata dengan atraksi wisata yang berbeda. Di tengah potensi ini ada sejumlah kendala dalam pengembangan yaitu kurangnya sarana dan prasarana wisata dan informasi mengenai objek wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan objek wisata yang tepat untuk objek wisata di Kecamatan Rancabali dengan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi dan kekuatan yang dimiliki objek wisata Kecamatan Rancabali adalah banyaknya jenis atraksi wisata , perbedaan atraksi wisata di setiap objek wisata, keindahan alam, dibukanya tol SOROJA, tarif masuk objek wisata yang terjangkau dan terdapat akomodasi yang mendukung. Sedangkan kelemahan dan ancaman yang dimiliki objek wisata di Kecamatan Rancabali adalah masih didominasi  wisatawan lokal dan pengembangan objek wisata di wilayah lain yang sangat agresif. Strategi pengembangan objek wisata Kecamatan Rancabali adalah melakukan pembaharuan  terhadap sarana dan prasarana objek wisata, inovasi objek wisata dan optimalisasi tol SOROJA untuk menarik wisatawan dari luar daerah dengan cara melakukan berbagi inovasi terhadap objek wisata.

Kata kunci : Atraksi wisata, Objek wisata, Pengembangan Pariwisata

Keywords


Atraksi wisata, Objek wisata, Pengembangan Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 2014. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Jakarta

Hadinoto, Kusudianto. 1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: UI Press

Pearce, D. 1987. Tourism Today, A Geographycal Analysis. New York : Longman.

Pendit, Nyoman.S. 1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradya Paramita

Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction,Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

RKPD Kabupaten Bandung 2016.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Yoeti, Agung Oka A, 1996, â€Pengantar Ilmu Pariwisataâ€, Bandung; Angkasa Offset

Yoeti, Oka A. 1985. Budaya Tradisional yang Nyaris Punah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Yoeti, Oka A. 1993. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15160

Flag Counter    Â