Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Wisatawan dalam Memilih Hotel Syariah di Kota Bandung

Satrija Prajna Essa, Dewi Rahmi, Westi Riani

Abstract


Abstract. Currently a tourism industry is developing which is known as halal tourism. Halal tourism is atourist destination that is in accordance with sharia aspects. One component of halal tourism is shariahotels. Sharia hotels are now able to compete in the hotel business. The purpose of this study is todetermine the factors that determine tourist preferences in choosing sharia hotels in the city of Bandung.The research method is use quantitative descriptive with a likert scale tool. The sample used inthis study was 70 samples. Each sample was taken randomly from various sharia hotels in the city ofBandung. Based on the results of the study, it can be concluded that there are only 4 factors thatdetermine the personal preferences of choosing sharia hotels, there is religiosity, price, location andproduct.  From all of the four factors which dominant is religion factor and location factor

Keywords: Preferences, Sharia Hotels, Halal Tourism

Abstrak. Saat ini sedang berkembang suatu industri pariwisata yang dikenal dengan istilah wisata halal. Wisata halal yang merupakan destinasi wisata yang sesuai dengan aspek syariah. Salah satu komponen dari wisata halal adalah hotel syariah. Hotel syariah saat ini sudah dapat bersaing dalam bisnis perhotelan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menentukan preferensi wisatawan dalam memilih hotel syariah di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan desktiptif kuantitatif dengan alat bantu skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 sampel. Masing-masing sampel diambil acak/random dari berbagai hotel syariah yang ada di Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa hanya terdapat 4 faktor yang menentukan preferensi wsiatawan dalam memilih hotel syariah yaitu religiusitas, harga, lokasi dan produk. Dari keempat faktor tersebut yang dominan adalah faktor religiusitas dan faktor lokasi.

Kata Kunci : Preferensi, Hotel Syariah, Wisata Halal


Keywords


Preferensi, Hotel Syariah, Wisata Halal

Full Text:

PDF

References


Amaliah, Ima dan Westi Riani. 2013. Strategi Pengembangan Unisba Berdasarkan Preferensi Masyarakat Kota Bandung. Jurnal Kajian Ekonomi, Edisi 9, Hal 01-60.

Budiman, Asep. 2017. Ketua PHRI: Hotel di Bandung Sudah Terlalu Banyak, Picu Persaingan Tidak Sehat. https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/06/30/ketua-phri-hotel-di-bandung-sudah-terlalu-banyak-picu-persaingan-tidak-sehat.diakses pada 25 desember 2018.

Case, Karl E. dan Ray. C Fair. 2007. Prinsip-Prinsip Ekonomi,Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Chookaew, S., chanin, O., Charatarawat, J., Sriprasert, P., & Nimpaya, S.2015. Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in. Journal of Economics, Business and Management, III(7), 277-279.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016.Manajemen Pemasaran, Edisi 15 Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Miller, R.L.dan Meiners, R. 2010. Teori MikroekonomiIntermediate.penerjemah Haris Munandar. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota Bandung. 2015. Rekapitulasi Data Kunjungan Wisatawan yang Datang Ke Kota Bandung Tahun 2010-2015. https://ppid.bandung.go.id/knowledgebase/data-kunjungan-wisatawan-yang-datang-ke-kota-bandung-tahun-2010-2015. Diakses pada 1 Januari 2019.

Rabbina, Ulfa. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Dalam Memilih Hotel Syariah (studi kasus di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.Volume 6 (2).

Sahroni, Oni, Karim adiwarman. 2015. Maqasid Bisnis dan Keuangan Islam, Sintesis Fiqih dan Ekonomi. Jakarta : Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15032

Flag Counter    Â