Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Pola Asuh Orangtua Anak Penyandang Autis di Rumah Autis Hasanah Bandung

Dinda Kautsar, Yani Dewi Suryani, Mia Yasmina

Abstract


Autisme merupakan kondisi kumpulan beberapa gejala dengan gangguan tumbuh kembang, dengan gangguan tertentu yang menyebabkan fungsi otak tidak bekerja secara normal sehingga gangguan dapat meliputi gangguan kemampuan komunikasi dan kemampuan interaksi sosial. Penerapan pola asuh yang baik dapat membentuk perilaku yang baik pula terhadap anak penyandang autis.Masalah akan terjadi ketika orangtua salah dalam  memberikan tindakan dalam pengasuhan. Tingkat pengetahuan orangtua dan pola asuh yang diberikan akan memengaruhi perilaku yang terjadi pada anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan pola asuh yang diterapkan oleh orangtua anak penyandang autis di Rumah Autis Hasanah Bandung tahun 2017. Metode penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan metode cross sectional atau potong lintang dalam satu waktu dan dilakukan satu kali serta mengambil jumlah responden dengan metode total sampling dengan memenuhi kriteria inklusi sebanyak 37 orangtua. Pengambilan data penelitian menggunakan kuesioner yang diberikan kepada orangtua dari anak penyandang autis di Rumah Autis Hasanah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2017. Hasil penelitian menunjukkan gambaran tingkat pengetahuan orangtua adalah baik dan pola asuh yang diterapkan adalah pola asuh demokratis, sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh Erika Utari Dewi pada tahun 2013 di SLB Negeri Gendangan Yogyakarta.


Keywords


Autisme, Pola Asuh, Tingkat Pengetahuan

References


Sunu C. Panduan memecahkan masalah autisme; unlocking autism. Yogyakarta: Lintang Terbit; 2012.

Kompas.com. 21/12/2009. Autis (diunduh 6 Februari 2017). Tersedia dari: http://www.kompas.com/

Judarwanto, Widodo. Jumlah penderita autis di Indonesia. Klinikautis.com. (diunduh 7 Februari 2017). Tersedia dari: http://www.googlebooks.com/

Anjali S, Blaise A. Parenting anak dengan austisme. Dalam: Spectrum autis. Yogyakarta. Press; 2014. hlm. 69−78.

Muchayaroh L. Persepsi keluarga terhadap anak bermasalah. 2004 (diunduh 9 Februari 2017). Tersedia dari: http://www.makalah anak autis.com/.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga; 2008.

Notoatmojo S. Metode penelitian kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipt; 2010

Silaban E. Pengaruh pola asuh orangtua terhadap prilaku anak autis di Yayasan Tali Kasih. Medan. 2014: 126 hlm.

Petianto, I. Pola asuh orangtua. 2005. (diunduh tanggal 13 Februari 2017). Tersedia dari: http//www.polaasuhanak.com.

Erika Untari D. Gambaran pola asuh orangtua yang memiliki anak autis di SLB Negeri Gedangan. Yogyakarta; 2013

Setyaningsih W. Hubungan pola asuh orangtua dan perkembangan sosial anak autisme di SLB Harmoni Surakarta; 2014.

Indah J. Larete, Liesbeth F. J. Kandou, Munayang Herdy. Pola asuh pada anak gangguan spektrum autisme di sekolah autis, sekolah luar biasa dan tempat terapi anak berkebutuhan khusus. Manado; 2016.




Flag Counter