Hubungan Perilaku 3M Plus dengan Kejadian DBD di Kelurahan Cicadas Kecamatan Cibeunying Kidul Kotamadya Bandung

Rilo Herlambang, Sadeli Masria, Fahmi Arief Hakim

Abstract


Demam Berdarah Dengue adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui nyamuk. Nyamuk yang dapat menularkan penyakit demam berdarah adalah nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Virus demam berdarah terdiri dari 4 serotipe yaitu virus DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Penyakit ini merupakan penyakit yang timbul di negara-negara tropis, termasuk di Indonesia. Pengertian lain dari DBD atau Dengue Haemorrhagic Fever (DHF) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dengan manifestasi klinis demam, nyeri otot dan/atau nyeri sendi yang disertai leukopenia, ruam, limfadenopati, trombositopenia dan diatesis hemoragik. Penelitian ini bersifat observasional analitik melalui pendekatan potong melintang untuk mengetahui hubungan perilaku mengenai 3M Plus dengan kejadian DBD di Kelurahan Cicadas Kecamatan Cibeunying Kidul Kotamadya Bandung 2016-2017 2017 yang sudah dipilih secara simple random sampling yaitu sebanyak 70 orang.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara perilaku 3M Plus dengan kejadian Demam Berdarah pada sebagian masyarakat yang berada di Kelurahan Cicadas Kecamatan Cibeunying Kidul Kotamadya Bandung dengan nilai p<0,001 (nilai p≤0,05).

 


Keywords


3M Plus, Aedes Aegypti, DBD

References


Djoni Djunaedi. Demam Berdarah Epidemiologi Djoni Djunaedi 2010. p. 12.

Kementrian Kesehatan. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013 [Internet]. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2014. 507 p. Available from: http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Profil+Data+Kesehatan+Indonesia+Tahun+2011#0

Yani JSA. Jurnal Stikes A. Yani 73. 2005;73–86.

Mangguang MD, Sari NP. Analisis Kasus DBD Berdasarkan Unsur Iklim dan Kepadatan Penduduk Melalui Pendekatan GIS di Tanah Datar. Kesehat Masy Andalas. 2016;10(2):166–71.

Wati WE. Beberapa faktor yang berhubungan dengan kejadian DBD di Kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan Tahun 2009. Progr Stud Kesehat Masy Fak Ilmu Kesehat Univ Muhammadyah, Surakarta. 2009;

Kementerian Kesehatan RI, Indonesia R. Petunjuk Teknis Jumantik – Psn Anak Sekolah. 2014.

Kementerian Kesehatan RI. Demam Berdarah Dengue. Bul Jendela Epidemiol. 2010;2:48.

Tuti Afriza Pengaruh Perilaku Masyarakat Dalam 3M Plus Terhadap Resiko Kejadian Demam Berdarah Di Wilayah Kerja Puskesmas Labuhan Haji Timur Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2012.

Zubir pengaruh perilaku 3M Plus terhadap kejadian DBD 2010.

Respati T, Budiman, Yulianto AF, Nurhayati E, Feriandri Y. Perbandingan Pengetahuan dengan Sikap dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue di Daerah Urban dan Rural. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung 2015.

Ryanka Hubungan Karakteristik Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan Kejadian Dengue Syok Sindrom (DSS) pada anak 2007.

Ristanto Fadly Pemetaan Kasus Demam Berdarah Dengue Di Kabupaten Minahasa utara 2014.




Flag Counter