Pengaruh Aktivitas Lari Intensitas Sedang terhadap Memori Jangka Pendek

Zulfian Firdaus, Eka Hendryanny, Raden Anita Indriyanti

Abstract


Lari merupakan salah satu olahraga yang mudah dan paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Olahraga memberikan banyak manfaat, diantaranya dapat meningkatkan performa kognitif termasuk memori jangka pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas lari intensitas sedang terhadap memori jangka pendek mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung (FK Unisba). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental yang dilakukan pada bulan Mei – Juli 2017  terhadap mahasiswa laki-laki FK Unisba yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, serta dipilih secara random sampling menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan masing-masing 20 responden. Kedua kelompok dilakukan tes memori dengan menggunakan digit span test (DST). Kelompok perlakuan diberi intervensi lari intensitas sedang dengan durasi 30 menit, tiga kali dalam seminggu selama delapan minggu. Pada akhir penelitian dilakukan DST untuk melihat peningkatan memori subjek penelitian. Hasil DST forward pada kelompok lari mahasiswa laki-laki FK Unisba Tahun Akademik (TA) 2016-2017 dengan nilai p=0.034. Simpulan terdapat peningkatan memori jangka pendek pada kelompok lari mahasiswa laki-laki FK Unisba TA 2016-2017. Peningkatan ini disebabkan penguatan plastisitas sinaps yang diperantarai oleh bertambahnya sekresi brain-derived neurotrophic factor (BDNF).


Keywords


Intensitas Sedang, Lari, Memori

References


Riebe D. General principles of exercise prescription. ACSM’s Guid to Exerc Test Prescr. 2013;23–38.

Garber CE, Blissmer B, Deschenes MR, Franklin BA, Lamonte MJ, Lee IM, et al. Quantity and quality of exercise for developing and maintaining cardiorespiratory, musculoskeletal, and neuromotor fitness in apparently healthy adults: Guidance for prescribing exercise. Med Sci Sports Exerc. 2011;43(7):1334–59.

CDC. General Physical Activities Defined by Level of Intensity. 2000;71–80.

Warburton DER, Nicol CW, Bredin SSD. Health benefits of physical activity: the evidence. CMAJ [Internet]. 2006;174(6):801–9. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16534088%5Cnhttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC1402378

Radahmadi M, Hosseini N, Alaei H, Sharifi MR. The effect of preventive, therapeutic and protective exercises on hippocampal memory mediators in stressed rats. Malaysian J Med Sci. 2016;23(5):29–37.

Marlatt MW, Potter MC, Lucassen PJ, van Praag H. Running throughout middle-age improves memory function, hippocampal neurogenesis, and BDNF levels in female C57BL/6J mice. Dev Neurobiol. 2012;72(6):943–52.

Shih PC, Yang YR, Wang RY. Effects of Exercise Intensity on Spatial Memory Performance and Hippocampal Synaptic Plasticity in Transient Brain Ischemic Rats. PLoS One. 2013;8(10):1–8.

Berchtold NC, Castello N, Cotman CW. Exercise and time-dependent benefits to learning and memory. Neuroscience [Internet]. 2010;167(3):588–97. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.neuroscience.2010.02.050

Erickson KI, Voss MW, Prakash RS, Basak C, Szabo A, Chaddock L, et al. Exercise training increases size of hippocampus and improves memory. Proc Natl Acad Sci U S A [Internet]. 2011;108(7):3017–22. Available from: http://www.pnas.org/content/108/7/3017

Nanda B, Balde J, Manjunatha S. The Acute Effects of a Single Bout of Moderate-intensity Aerobic Exercise on Cognitive Functions in Healthy Adult Males. Journal of Clinical and Diagnostic Research : JCDR. 2013;7(9):1883-1885. doi:10.7860/JCDR/2013/5855.3341.

Marlatt MW, Potter MC, Lucassen PJ, van Praag H. Running throughout middle-age improves memory function, hippocampal neurogenesis, and BDNF levels in female C57BL/6J mice. Dev Neurobiol. 2012;72(6):943–52.

Jr ASA, Pinho RA. Effects of physical exercise over the redox brain state. 2007;13:322–7.

Neufer PD, Bamman MM, Muoio DM, Bouchard C, Cooper DM, Goodpaster BH, et al. Understanding the Cellular and Molecular Mechanisms of Physical Activity-Induced Health Benefits. Cell Metab [Internet]. 2015;22(1):4–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/kedokteran.v0i0.8281

Flag Counter    Â