Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS di UPT Puskesmas Caringin Periode Maret—Mei 2017

Selvy Robi Nurlita, Siska Nia Irasanti, Nurul Romadhona

Abstract


Derajat kesehatan negara akan meningkat jika didukung oleh pelayanan kesehatan yang baik yang ditunjang oleh fasilitas kesehatan yang baik serta tenaga kesehatan yang memadai. Fasilitas kesehatan yang menjadi tulang punggung untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah puskesmas. Kualitas pelayanan kesehatan menjadi salah satu indikator kepuasan pasien. Jika kepuasan pasien meningkat maka diharapkan seluruh masyarakat akan mengikuti program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS sesuai dengan harapan pemerintah. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah pasien peserta BPJS di UPT Puskesmas Caringin. Pengambilan sampel menggunakan consecutive admission sampling dengan jumlah sampel 123 orang. Data didapatkan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan dari Bulan Maret sampai Mei 2017. Hasil penelitian ini memperlihatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan di UPT Puskesmas Caringin sudah baik dengan hasil sebesar 80,83%. Tingkat kepuasan juga menunjukkan hasil yang baik yaitu sebesar 80,90%. Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai p<0,001. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini menunjukkan bahwa pasien merasa puas atas pelayanan yang telah diberikan tetapi tingkat kepuasan yang dirasakan pasien belum maksimal. Hal ini merupakan masukan bagi puskesmas agar berupaya meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik lagi. 


Keywords


BPJS, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan

References


Dani Peluang. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 2015 ; 1-20.

Indriaty DR, Ekonomi F, Diponegoro U. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Tehadap Kepuasan Pasien. 2010.

Peraturan Menteri Kesehatan. Permenkes No. 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas. 2014 ; 3-4.

Etan BW, Kaler C. Tabel Profil Kesehatan Kota Bandung Tahun 2014. Bandung ; 2014.

Dinas Kesehatan Kota Bandung. Daftar Puskesmas Kota Bandung Tahun 2014. Bandung; 2014; (1): 1-2

Tersedia di http://www.dinaskesehatankotabandung.com.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang RI No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. 2012; XXXIII (2): 81-87.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang RI No. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 2013: 53(9): 1689-1699.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang RI No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. 2009 : 13-14.

Efendi Rustam, Arifin Alwy, Darmawansyah. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Aeng Kabupaten Takalar. Universitas Hasanudin; 2013: 8.

Budiarto. Kualitas Pelayanan kesehatan Puskesmas di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Universitas Hasanudin; 2015:

-80.

Like. J Mumu, Grace D. Kandou, Diana V. Doda. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado; 2015: 1-6.




Flag Counter