Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Siswa SMA Negeri 1 Bandung terhadap Penularan dan Pencegahan HIV/AIDS Tahun 2016

Nanda dewi yulianti haris, Hidayat Widjajanegara, Cice Tresnasari

Abstract


Abstract: In the last ten years in Indonesia, news about adolescent behavior leads to deviant behavior like drug abuse and free sex. The impact of deviant behavior will inhibit teenager’s productivity, disrupt school activities, unwanted pregnancy, and the most dangerous is infected with Human Immunodeficiency Virus / Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV / AIDS). The purpose of this study was to determine relationship between knowledge level and HIV/AIDS transmission and prevention behavior in students of SMA Negeri 1 Bandung in 2016. This research is using analytic with cross sectional design. The data collection method used research instrument with 2 questionnaires. Data analysis used chi-square statistical. The result showed 35% of students have a good knowledge, 32.5% of students have sufficient knowledge, and 32.5% of students had less knowledge. The behavioral variables examined in this study showed 80% of students have good behavior and 20% of students had bad behavior. Statistical analysis using chi square test. The result showed that there is significant relationship between knowledge level and transmission and prevention behavior of HIV/AIDS with a value of p = 0.02 (p value < 0,05).

Abstrak: Pemberitaan mengenai perilaku remaja dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir di Indonesia semakin mengarah pada perilaku menyimpang, seperti penyalahgunaan narkoba dan perilaku seks bebas. Dampak merugikan perilaku menyimpang tersebut dapat menghambat produktivitas remaja, mengganggu kegiatan sekolah, tertular penyakit menular seksual, kehamilan yang tidak diinginkan, dan yang paling berbahaya adalah tertular Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku siswa SMA Negeri 1 Bandung terhadap penularan dan pencegahan HIV/AIDS. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan instrument dua kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 35% siswa memiliki pengetahuan baik, 32,5% siswa memiliki pengetahuan cukup, dan 32,5% siswa memiliki pengetahuan kurang. Variabel perilaku yang diteliti dalam penelitian ini menunjukan 80% siswa memiliki perilaku baik dan 20% siswa memiliki perilaku tidak baik. Hasil uji statistik penelitian ini  menggunakan chi square test pada derajat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan perilaku siswa SMA Negeri 1 Bandung terhadap penularan dan pencegahan HIV/AIDS dengan nilai p = 0,02 (nilai p < 0,05).


Keywords


Behavior, HIV/AIDS Transmission and Prevention, Knowledge Level

References


Ditjen PP & PL Kemenkes RI. Statistik Kasus HIV/AIDS di Indonesia s.d September 2014. [diunduh tanggal 4 Februari 2016]. Didapat dari: http://spiritia.or.id/Stats/StatCurr.pdf

Elly Nurachman, M. Faktor Pencegahan HIV/AIDS Akibat Perilaku Berisiko Tertular pada Siswa SLTP. MAKARA Kesehatan. 2009 Desember; [diunduh 5 Januari 2016]; 13:[6 halaman]. Didapat dari: http://journal.ui.ac.id/index.php/health/article/viewFile/360/356

Kemenkes RI. Analisis Data Riskesdas 2010. Pengetahuan HIV dan AIDS pada Remaja di Indonesia. 2010

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Setiawati N. Pengetahuan dan Perilaku Mahasiswa Universitas Surabaya Terkait Upaya Pencegahan HIV/AIDS. CALYPTRA: jurnal ilmiah mahasiswa universitas surabaya. 2014; Didapat dari: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/viewFile/604/580

UNAIDS. AIDS by The Numbers. 2015;[diunduh 7 februari 2016] Tersedia dari: http://www.unaids.org/sites/default/files/media_asset/AIDS_by_the_numbers_2015_en.pdf




Flag Counter