Efek Pemberian Air Zamzam terhadap Kelembapan Kulit Wajah pada Pekerja Outdoor di Kawasan Universitas Islam Bandung

Muhammad Rizky Ernanda, R. Anita Indriyanti, Dony Septriana Rosady

Abstract


Abstract. Zamzam water is a holy water for muslim people that was found for the first time by Siti Hajar, around Mekkah that is located 70 Km south from Jeddah. Based on some researches concentrating on minerals, Zamzam water has advantages compared to other minerals, beside that Zamzam water has a unique structure that has been tested through radioimmunoassay that believed to enchance AQP activites. This research aims to study the effect of Zamzam water use towards the facial skin moisture. This is a quasi experimental research, which Zamzam water sprayed to the respondent face and than the skins moisture is calculated by skin moisture analyzer meter before and after use of Zamzam water with normal water as a positive control. In November 2019, observation was done 2 weeks for each individual group. The result showed that the p value was significant on the 7th day for the Zamzam water group and normal water and the result for 14th day showed that p value was not significant. This researches proves the Zamzam water can made improvement and maintain facial skin moisture in outdoor workers around fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung at the 7th day but the skin moisture in outdoor workers around fakultas kedokteran Universitas Islam Bandung at the 14th day didn’t show an improvement

Keywords: Advertising, Brand Awareness, Le Minerale.

Abstrak. Air Zamzam adalah air suci bagi umat Islam yang pertama kali ditemukan oleh Siti Hajar, di sekitar Mekah yang terletak 70 Km di selatan Jeddah. Berdasarkan beberapa penelitian yang berkonsentrasi pada mineral, air Zamzam memiliki kelebihan dibandingkan dengan mineral lain, selain itu air Zamzam memiliki struktur unik yang telah diuji melalui radioimmunoassay yang dipercaya dapat meningkatkan aktivitas AQP. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh penggunaan air Zamzam terhadap kelembaban kulit wajah. Ini adalah penelitian eksperimental semu, yang air Zamzam disemprotkan ke wajah responden dan dari kelembaban kulit dihitung dengan alat pengukur kelembaban kulit sebelum dan sesudah penggunaan air Zamzam dengan air normal sebagai kontrol positif. Pada November 2019, pengamatan dilakukan 2 minggu untuk masing-masing kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p signifikan pada hari ke 7 untuk kelompok air Zamzam dan air normal dan hasil untuk hari ke 14 menunjukkan bahwa nilai p tidak signifikan. Penelitian ini membuktikan bahwa air Zamzam dapat membuat perbaikan dan menjaga kelembaban kulit wajah pada pekerja luar di sekitar fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung pada hari ke-7 tetapi kelembaban kulit pada pekerja luar di sekitar fakultas kedokteran Universitas Islam Bandung pada hari ke-14 tidak menunjukkan peningkatan
Kata kunci: Periklanan, Kesadaran Merek, Le Minerale.


Keywords


Periklanan, Kesadaran Merek, Le Minerale.

Full Text:

PDF

References


Aaker, A. David. 2002. Ekuitas Merek (Edisi Indonesia). Jakarta: Mitra Utama.

Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alvabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2005. Metode Penelitian. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Cangara, H. Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Sugianto dkk. 2010. Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif (Strategi, Program dan Teknik Pengukuran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi dan C. Liana. 2001. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Volume IV Nomor




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/kedokteran.v0i0.20666

Flag Counter    Â