Efektifitas Media Dakwah Buletin “Bandung Agamis” dalam Peningkatan Pemahaman Keagamaan Masyarakat Kota Bandung

Sri Wulan Maulida

Abstract


Dakwah adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan secara sadar, sengaja dan terencana untuk mempengaruhi pihak lain. Adapun yang menjadi ruang kajian dakwah adalah seluruh peristiwa dalam berdakwah, melihat dari beberapa elemen dakwah. Media dakwah sangat banyak bahkan bisa dikatakan sangat banyak dengan majunya perkembangan teknologi salah satunya dengan menggunakan kommunikasi massa. Buletin adalah salah satu bentuk media publik relation yang digunakan untuk menghubungkan publik tertentu secara langsung, yang dapat diketik, distensil atau dicetak dan dialamatkan di rumah-rumah agar dapat dibaca oleh masyarakat yang ada di rumah sehingga usaha persuasi dapat berhasil. Dalam hal ini menjadikan peneliti tertarik untuk meneniti sejauh mana efektifitas buletin Bandung Agamis dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat Kota Bandung. Yang dimaksud dengan masyarakat kota Bandung di sini dispesifikasikan jama’ah masjid Haromain yang menjadi pembaca buletin ini. Hal ini bertujuan ingin mengetahui dampak dari buletin itu terhadap keberagamaan (religiusitas) masyarakat Kota Bandung.

Keywords


media dakwah, buletin, religiusitas

Full Text:

PDF

References


Apriadi Tamburaka. 2013, Agenda Setting Media Massa, Jakarta: Rajawali Pers, Cet. Ke-2

Prof. Drs. H. A. W. Widjaja. Komunikasi Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat, Bumi Aksara

Dr. Djamaludin Ancok. Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. VIII

Arifin Anwar. 2011. Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Oemi Abdurrahman, Dasar-dasar Publik Relation, Alumni; Bandung (1986), hlm 100.

http://www.dosenpendidikan.com/buletin-pengertian-fungsi-tujuan-ciri/




Flag Counter