Strategi Dakwah Program Jalan Surga Radio Cosmo 101.9 Fm dalam Peningkatan Pemahaman Ibadah Shalat Para Pendengar di Kota Bandung

Nashr Nur Ghifari, Nia Kurniati, Fauzi Arif

Abstract


Absract. Da'wah is the delivery of Islamic teachings in the form of Amar Ma'ruf Nahi Munkar. Da'wah has several elements, including da'i (da'wah subject), method of da'wah, treatise (media propagation), mad'u (object of da'wah), maddah (da'wah material) and da'wah effects. One of these elements that is very instrumental in the propagation of da’wah is risalah, which can be through mass media. Today, mass media can be used as a medium of da’wah which is quite effective, because media mass more quickly in expanding tne messages of preaching to the public. One part of mass media is radio. In da’wah the use of radio quite effective and efficient, because radio has a strategy to influence the listeners. One of radio channel in Bandung, that held a da’wah program is Radio Cosmo 101.9 FM, with a program named Jalan Surga. Jalan Surga Program is a da’wah program that contains about taussiyah or da’wah. The theme that studied in this program is about prayer. Jalan Surga program can increase the understanding of prayer worship to the listeners. From the research that has been done, can beknown that, first, planning of da’wah did by determine the da’wah subject, determine the segmentation of listeners (the da’wah object), determine the da’wah content, determine the da’wah method, and determine the purposeof da’wah. Second, the Jalan Surga program’s implementation is the teality of subject or object implementation  in the field, reality of the implementation of da’wah material, the reality of media usage of da’wah, (radio), the reality of the implementation  of da’wah method,  and the reality of da’wah goals. Third, supporting factors; Sounds different / unique, has facilities that memadaI, Have good human resources / professional, Always do refresh, Have program off air that support on-air broadcast program and inhibiting factor; low quality transmitter, engineering breakdown, Da'i or event attendant not present. The strategy in the Jalan Surga program derivide from how the plan is made, and how the reality of the implementation of the plan has been made.

Keywords: Radio Program Da'wah Strategy


Abstrak. Dakwah adalah penyampaian ajaran Islam berupa Amar Ma'ruf Nahi Munkar. Dakwah memiliki beberapa unsur, diantaranya da'i (subjek dakwah), metode dakwah, risalah (media dakwah), mad'u (objek dakwah), maddah (materi dakwah) dan efek dakwah. Salah satu unsur yang sangat berperan dalam penyebaran dakwah adalah risalah, salah satunya melalui media massa. Media massa saat ini bisa digunakan sebagai media dakwah yang cukup efektif, karena media massa lebih cepat untuk memperluas pesan-pesan dakwah kepada masyarakat. Salah satu bagian dari media massa adalah radio. Dalam dakwah penggunaan radio cukup efektif dan efisien karena radio memiliki strategi untuk mempengaruhi pendengarnya. Salah satu saluran radio di Bandung yang menyelenggarakan program dakwah adalah Radio Cosmo 101.9 FM dengan program yang bernama Jalan Surga. Program Jalan Surga adalah  program dakwah yang berisikan tentang tausiyah atau dakwah. Tema yang diteliti dalam program ini adalah tentang shalat. Siaran Jalan Surga dapat menambah pemahaman ibadah shalat para pendengarnya. Maka dari itu, penelitian ini dilkaukan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah yang digunakan, sehingga menyebabkan peningkatan pemahaman shalat kepada para pendengar. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa, pertama, perencanaan dakwah pada Program Jalan Surga adalah dengan menentukan subjek dakwah, menetukan segmentasi pendengar (objek), menentukan materi dakwah, menentukan metode dakwah, dan menentukan tujuan dakwah. Kedua, impelentasi Program Jalan Surga adalah realitas pelaksanaan subjek atau pelaksanaan objek dilapangan, realitas pelaksanaan materi dakwah, realitas penggunaan media dakwah (radio), realitas pelaksanaan metode dakwah dan realitas tujuan dakwah. Ketiga, faktor pendukung; Terdengar berbeda/unik, Memiliki fasilitas yang memadaI, Memiliki SDM yang baik/ professional, Selalu melakukan penyegaran, Memiliki program off air yang mendukung program siar on air dan faktor penghambat; rendahnya kualitas pemancar, gangguan teknik, Da’i atau pengisi acara tidak hadir. Strategi dalam Program Jalan Surga diperoleh dari bagaimana suatu perencanaan yang dibuat, dan bagaimana realitas implementasi atau pelaksanaan rencana yang telah dibuat sebelumnya.

Kata Kunci: Strategi Dakwah Program Radio


Keywords


Strategi Dakwah Program Radio

Full Text:

PDF

References


Dr. Harapandi Dahri, Kontekstualisasi Dakwah di Era Modern, (Jurnal El– Hikmah, Vol.1 No.2, Mei 2009), hlm. 9.

Zamris Habib, Dakwah Melalui Dunia Maya,dari http://zamrishabib.wordpress.com, diakses 23 April 2014.

Suhandang Kustadi, Strategi Dakwah (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014), hlm. 81.

Fried R. David, Manajemen Strategi Konsep (Jakarta: Selemba Empat, 2010), hlm. 6-7.

Syukriadi Sambas & Acep Aripudin, Dakwah Damai: Pengantar Dakwah Antarbudaya, hlm. 138.

Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam (Surabaya: Al-Ikhlas, 1983), hlm. 32.

Moh Ali Aziz, Ilmu Dakwah (Jakarta: Kencana, 2004), hlm. 75

Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, hlm. 351.

Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, hlm. 349.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v4i1.9858

Flag Counter        Â