Konstruksi Makna Pesan Dakwah Melalui Media Cetak Tabloid Alhikmah

Eki Fitriyani, Chairiawati Chairiawati, Mahmud Thohier

Abstract


Abstract. Dakwah is an activity to embrace people to Islam`s theory wich is done with peace and gentle. In the activities of dakwah, the message is the main core of communication that is abstract. In delivery, people can utitizing many kinds of media, which one you can use is a tabloid print media. Tabloid Alhikmah is an Islamic tabloid that still exist until now. Mostly, the readers of Alhikmah tabloid just do read only, not to understand the meaning of dakwah message that is in it. Also happens to the Sinergi Foundation of Employees who each month get one Alhikmah tabloid. Based on the phenomenon, the researcher conducted this research to know how the meaning of the message dakwah constustion in Alhikmah tabloidd with assessing the dakwah value which the readers understands, especialy the employees of Sinergi Foundation who read Alhikmah tabloid, readers experience specially employees of Sinergi Foundation for reading Alhikmah tabloid. This research uses qualitative method and phenopenology approach with informan amounted 7 people. The date were gleaned throgh in-depth interviews, prelactive observation, literatur studies, and documentation. The result obtained from this study are (1) the value of dakwah contained in the message dakwah tabloid Alhikmah in categories into three, namely, aqidah, akhlak and sharia. (2) the motives of the reader in reading alloid tabloid become two, that is, the motivator and the motive of hope. (3) the readers experience is divided into teo namely, sensual experience and spiritual experience. Overall, the construction of the meaning the message dakwah in Lhikmah tabloid according to the reader, especially the employee of Sinergi Foundation as form of Muslim endeavors in disseminating the teachings of Islam by providing inform and deep insight about Islam and also as an inspiration for the readers.

Keywords: Dakwah, Meaning, Phenomenology

 

Abstrak. Dakwah  merupakan suatu aktivitas untuk mengajak orang kepada ajaran Islam yang dilakukan secara damai dan lembut. Dalam kegiatan dakwah, pesan merupakan inti utama dari komunikasi yang sifatnya abstrak. Dalam penyampaiannya, seorang dapat memanfaatkan berbagai macam media, salah satunya tabloid yang termasuk kedalam golongan media cetak. Tabloid Alhikmah merupakan tabloid Islami yang masih ada hingga kini. Mayoritas, pembaca tabloid Alhikmah hanya sampai pada tahap membaca saja, tidak sampai pada tahap pemaknaan lebih dalam akan pesan dakwah yang terdapat didalamnya. Hal tersebut juga terjadi pada Karyawan Sinergi Foundation yang setiap bulannya mendapatkan satu buah tabloid Alhikmah. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi makna pesan dakwah dalam tabloid Alhikmah dengan mengakaji nilai dakwah yang dipahami oleh pembaca tabloid Alhikmah khususnya Karyawan Sinergi Foundation, motif pembaca khususnya Karyawan Sinergi Foundation dalam mebaca tabloid Alhikmah, pengalaman pembaca khususnya Karyawan Sinergi Foundation selama menjadi pembaca tabloid Alhikmah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi dengan informan yang berjumlah 7 orang. Data diperoleh melalui wawwancara mendalam, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1). Nilai yang terkandung dalam pesan dakwah tabloid Alhikmah dikategorikan menjadi tiga yaitu, Aqidah, Akhlak dan Syariah. (2) motif pembaca dalam membaca tabloid Alhikmah terbagi menjadi dua yaitu motif pendorong dan motif harapan. (3) pengalaman pembaca terbagi menjadi dua yaitu, pengalaman indrawi dan pengalaman spiritual. Secara keseluruhan, makna pesan dakwah tabloid Alhikmah memiliki makna sebagai bentuk ikhtiar umat muslim dalam menyebarluaskan ajaran Islam dengan memberikan infomasi serta wawasan mendalam mengenai keIslaman dan juga sebagai inspirasi bagi para pembaca.

Kata kunci: dakwah, makna, fenomenologi.


Keywords


Dakwah, Makna, Fenomenologi

Full Text:

PDF

References


Jurnal:

M. Rahmat Effendi, Drs. “Kajian tentang prinsip dasar dan metode berfikir dalam filsafat dakwah yang diturunkan dari Al`Quran”

Buku:

Al-Qur`an

Bambang S. Maarif. 2010. Komunikasi Dakwah Paradigma Untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Dani Vardiansyah. 2005. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: PT INDEKS Kelompok GRAMEDIA.

Nurudin. 2015. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Cetakan kesembilan edisi kedua. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Deddy Mulyana, dkk. 2008. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jozev R. Raco, dkk. 2012. Metode Fenomenologi Aplikasi Pada Entrepeneurship. Jakarta: Grasindo.

Saiffudin Anwar. 1997. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zikri Fachrul Nurhadi. 2015. Teori-teori Komunikasi dalam perspektif penelitian kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia/

Ilaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Onong Uchjana Effendy. 2002. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Apriadi Tamburaka. 2013. Agenda Seting Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

McQuil, Dennis. 1987. Edisi ketiga. Diterjemahkan oleh: Agus Dharma dan Aminuddin Ram. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Baran Stanley J. Pengantar Komunikasi Massa Melek Media dan Budaya. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Vivian, John. 2008. Edisi kedelapan. Diterjemahkan oleh: Tri Wibowo B. S. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana, hlm.

Wibowo, Wahyu. 2006. Berani Menulis Artikel. Jakarta: Gramedia Pustaka,

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada,

Moh Ali Aziz. 2004. Ilmu Dakwah, Jakarta : Kencana, Cet.Ke-1.

Muhammad Munir & Wahyu Ilaihi. 2009. Manajemen Dakwah, Cet ke02. Jakarta: Kencana.

Tata Sukayat. 2015, Ilmu Dakwah Perspektif Filsafat Mabadi `Asyarah, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ahmad Yani. 2001, Bekal Menjadi Khatib dan Mubaligh. Jakarta: Gema Insani.

Zahrah, Abu. 1994, Al-Da’wah Ila Al-Islam, diterjemahkan Oleh H.Ahmad Supandi dan Ahmad Supeno dengan Judul Dakwah Islamiyah, Bandung : Remaja Rosda Karya, cet 1.

Hamka N Rusydi. 1985. Studi Islam, Jakarta : Pustaka Panji Mas.

Ghazali, M. Bahri, 1997. Dakwah Komunikatif Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah, Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya, cet 1.

Hasanudin. 1996. Hukum Dakwah. Jakarta; Pedoman Ilmu Jaya.

Wardi Bachtiar. 1997,Metodologi penelitian ilmu dakwah, Jakarta : Logos.

Quraish Shihab. 2007,Tafsir Al-Misbah : Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta : Lentera Hati,.

Sudarto. 1997. Metode Penelitian Filsafat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Engkus Kuswarno. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjajaran,

Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu hingga Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Fu`ad Farid & Abdul Hamid. 2010. Cara Mudah Belajar Filsafat. Jogjakarta: IRCiSoD.

Aripin Banasuru. 2012. Filsafat dan Filsafat Ilmu Dari Hakikat ke Tanggung Jawab. Bandung: ALFABETA, cv.




Flag Counter