Efektivitas Dakwah K.H Muhammad Muhtadien Pada Pengajian Mingguan terhadap Motivasi Keberagamaan Masyarakat di Sekitar Masjid Ar-Rahman Jalan Kasuari Cikarang Baru Jababeka

Muhammad Mujadidi H

Abstract


Abstract. Dakwah activity is an activity or consciously or the realization of a society that has a strong religious trait and motivation and hold fast to the Qur'an and As-Sunnah. Likewise with da'wah activities conducted by holding a weekly observation by Ar-Rahman Mosque, with speakers or preachers K.H Muhammad Muhtadien. From the research that the authors did on Ar-Rahman Mosque Kasuari Road XIX Rt.007 / RW.004 Cikarang Baru Jababeka Bekasi District, found The purpose and benefits of this study are as follows: 1). To know the way of da'wah done by K.H Muhammad Muhtadien. 2). To find out the content of missionary content of K.H Muhammad Muhtadien on weekly recitation at Ar-Rahman Mosque Jalan Kasuari Cikarang Baru Jababeka. 3). To know the process of dakwah of K.H Muhammad Muhtadien on weekly observation at Ar-Rahman Mosque Jalan Kasuari Cikarang Baru Jababeka. To find out the output of the weekly recitation in the Ar-Rahman mosque to the religious motivation of the people around Jalan Kasuari Cikarang Baru Jababeka. The research method used is Qualitative Method Descriptive Analysis, data collection techniques: interviews, documentation, questionnaires, literature study. Source of data obtained from primary data and secondary data. While the results of this study are as follows: 1). Dakwah method used by K.H Muhammad Muhtadien is a method of lectures, discussions, counseling, and references. Discussion method is the most interesting method. 2). Content contents on weekly observation at Ar-Rahman Mosque covering Tafsier Al-Quran, Hadith and Mustholah Hadith. Which is then embodied in the material aqidah and muamalah. 3). In the process of implementation of weekly observation in the Ar-Rahman Mosque is considered appropriate and does not disturb the busyness and daily activities of the pilgrims who come. 4). The output resulting from following the weekly recitation of the Ar-Rahman Mosque cognitively adds to the religious knowledge of its pilgrims, affectively adding to better behavior, and psychomotorically making the religious motivations of the pilgrims who participate better, thus making better progress.

Keyword; Efectivity, Dakwah, Mosque, Society, Motivation, Religion

Abstrak. Aktivitas Dakwah merupakan kegiatan yang dilakukan secara sadar demi terwujudnya masyarakat yang mempunyai sifat dan motivasi keberagamaan yang kuat serta berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Begitupun dengan aktivitas dakwah yang dilakukan dengan cara mengadakan pengajian mingguan oleh Masjid Ar-Rahman, dengan narasumber atau penceramah K.H Muhammad Muhtadien. Dari penelitian yang penulis lakukan pada Jama’ah Masjid Ar-Rahman Jalan Kasuari XIX Rt.007/RW.004 Cikarang Baru Jababeka Kabupaten Bekasi, ditemukan tujuan penelitian sebagai berikut:  1). Untuk mengetahui cara dakwah yang dilakukan oleh K.H Muhammad Muhtadien. 2). Untuk mengetahui konten isi dakwah K.H Muhammad Muhtadien pada pengajian mingguan di Mesjid Ar-Rahman Jalan Kasuari Cikarang Baru Jababeka. 3). Untuk mengetahui proses dakwah K.H Muhammad Muhtadien pada pengajian mingguan di Mesjid Ar-Rahman Jalan Kasuari Cikarang Baru Jababeka. 4). Untuk mengetahui output dari pengajian mingguan di mesjid Ar-Rahman terhadap motivasi keberagamaan masyarakat sekitar Jalan Kasuari Cikarang Baru Jababeka. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif Deskriptif Analisis, teknik pengumulan data : wawancara, dokumentasi, angket, studi kepustakaan. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Metode dakwah yang digunakan oleh K.H Muhammad Muhtadien adalah metode ceramah, diskusi, konseling, dan referensi. Metode diskusi adalah metode yang dianggap paling menarik. 2). Konten isi pada pengajian mingguan di Masjid Ar-Rahman melingkupi materi Tafsier Al-Quran, Hadits dan Mustholah Hadits. Yang kemudian diejawantahkan dalam materi aqidah dan muamalah. 3). Secara proses pelaksanaan pengajian mingguan di Masjid Ar-Rahman dianggap sudah tepat dan tidak mengganggu kesibukan dan aktivitas sehari-hari para jamaah yang datang. 4). Output yang dihasilkan dari mengikuti pengajian mingguan di Masjid Ar-Rahman secara kognitif menambah ilmu pengetahuan keagamaan para jamaahnya, secara afektif menambah berperilaku lebih baik lagi, dan secara psikomotorik membuat motivasi keberagamaan para jamaah yang ikut menjadi lebih baik, sehingga membuat kemajuan yang lebih baik.

Kata kunci: Efektivitas, Dakwah, Masjid, Masyarakat, Motivasi, Agama


Keywords


Efektivitas, Dakwah, Masjid, Masyarakat, Motivasi, Agama

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, D. H. (2003). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ahyadi, A. A. (2001). Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Al-Bilali, A. H. (1989). Fiqh Al-Dakwah Fi Ingkar Al-Mungkar. Kuwait: Dar Al-Dakwah.

Aliyudin, E. A. (2009). Dasar-dasar Ilmu Dakwah Pendekatan Filosofis Dan Praktis. Bandung: Widya Padjajaran.

An-Nabiry, F. B. (2008). Meniti Jalan Dakwah: Bekal Perjuangan Para Da'i. Jakarta: Amzah.

Aziz, A. (2015). Ilmu Dakwah (Edisi Revisi). Jakarta: Prenadamedia.

Budiono. (2005). Kamus Ilmiah Populer Internasional. Surabaya: Karya Harapan.

Corbin, A. S. (2009). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Foss, S. W. (2009). Teori Komunkasi: Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Indonesia, U. I. (1991). Al-Qur'an dan Tafsirnya Jilid V. Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf.

Ingham, G. (2009). Memotivasi Orang. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Kadir, M. A. (2003). Ilmu Islam Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajr.

Liliweri, A. (1991). Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: PT Citra Aditya Bhakti.

Lubis, S. H. (2009). Pengantar Teori Organisasi: Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi, FISIP UI.

Ma'arif, Bambang (2010). Komunikasi Dakwah (Paradigma Untuk Aksi). Bandung Remaja Rosdakarya.

Moekijat, D. (1993). Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.

Raharjo. (2012). Pengantar Ilmu Jiwa Agama. Semarang: Pustaka Rzki Putra.

Rakhmat, J. (2014). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Sarwoto. (1990). Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen . Jakarta: Ghalia Indonesia.

Shaleh, A. R. (2009). Psikologi Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Shihab, Q. (2000). Tafsir Al-Misbah cet ke-1. Jakarta: Lentera Hati.

Siagian, S. M. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soelaeman, M. (1993). Ilmu Sosial Dasar (Teori dan Konsep Ilmu Sosial). Bandung: PT Eresco.

Streers, R. M. (1998). Efektivitas Organisasi, Terjemahan. Jakarta: PPm. Erlangga.

Suhandang, K. (2013). Ilmu Dakwah Perspektif Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukayat, T. (2015). Ilmu Dakwah Perspektif Filsafat Mabadi 'Asyarah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Suparta, M. (2006). Metode Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wijaya, A. T. (1993). Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rineka Cipta jaya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v4i1.8976

Flag Counter        Â