Peranan Manajemen Dakwah CV. Rabbani pada Prilaku Keagamaan Karyawan

Marlinda Julianti, M. Wildan Yahya, Nandang HMZ

Abstract


Sumber daya manusia (SDM) atau yang umumnya disebut juga dengan karyawan, merupakan salah satu faktor utama yang menunjang kesuksesan dan keberhasilan suatu perusahaan.Hal tersebut juga harus diiringi dengan peran perusahaan dalam memanange dan mengkoordinir karyawannya untuk mencapai tujuan bersama. CV. Rabbani merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidamg fashion muslimdan muslimah. Yang memiliki Visi“Berjumpa dengan Allah di surga Firdausâ€, permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) Bagaimana Perencanaan Dakwah Yang Dilakukan Oleh CV.Rabbani Pada Prilaku Keagamaan Karyawan? (2) Bagaimana Pengorganisasiaan Dakwah CV.Rabbani dalam Membina Prilaku Keagamaan Karyawan? (3) Bagaimana Pelaksanaan kegiatan Dakwah CV.Rabbani Dalam Membina Prilaku Keagamaan Karyawan? (4) Bagaimana evaluasi CV.Rabbani Pada Perilaku Keagamaan Karyawan?.Peneliti menggunakan metode teknik analisis deskriptif dengan mengnakan pendekatan kualitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ii adalah karyawan CV.Rabbani Buah Batu yang berjumlah 22 orang. Dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi, dan studi pustaka.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) membangun akhlaqul karimah setiap karyawan menjaga ukhuwah antara karyawan juga penyusunan strategi perencanaan program (2) menyusun struktur organisasi dan program kerja juga dengan mengadakan Pelatihan yang dilakukan dalam menyegarkan dan menambah wawasan karyawan (3) Program Tahajud call, Program odoj (one day one juz), Pelaksanaan Program liqo (mentoring), Program mabit khusus untuk ikhwan, Pelaksanaan Program   Amalan Yaummiah(4) Evaluasi Mingguan dan Evaluasi Tahunan.


Keywords


Peran, Peranan Manajemen Dakwah, Prilaku Keagamaan Karyawan.

References


Dr. Bambang S. Ma’arif, Komunikasi Dakwah, Paradigma untuk Aksi, Simbiosa Rekatama Media

Cohen Bruce J. 2009. Peranan, sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rineka Cipta.

Drs. H. Maluyu S. P. Hasibuan, Dasar dasar Perbankan, Jakarta: Bumi Aksara.

Levinso dan Soekanto. 2009. Peranan, Edisi Baru, Jakarta: Rajawali

Soekanto, Soerjono. 2002. Teori Peranan, Jakarta: Bumi Aksara.

HR.Thabrani

Lihat QS Ali-Imron (3):103




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7754

Flag Counter        Â