Hubungan Nilai Dakwah Olahraga Memanah dengan Pembentukan Karakter Diri Siswa SMA Daarut Tauhiid di Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat

Azhar Arifin Tijani, Bambang S. Ma’arif, Arifin Syatibi

Abstract


Karakter baik merupakan suatu hal langka di zaman ini. Tindak kriminal, korupsi dan lain-lain muncul akibat gagalnya suatu pendidikan. Karena itu sepatutnya pendidikan karakter ditanamkan sejak dini. Dalam mendidik usia dini Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam menganjurkan untuk memulai dengan pembiasaan hafalan dan olah fisik. Adapun olah fisik yang Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam anjurkan salah satunya yaitu olahraga memanah. Memanah diyakini dapat membentuk karakter seseorang karena di dalam olahraga ini terhimpun aspek kekuatan fisik, konsentrasi dan aspek spiritual.  SMA Daarut Tauhiid sebagai lembaga pendidikan berbasis pesantren memiliki program unggulan pembentukan karakter siswa melalui olahraga memanah. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Visi dan Misi SMA Daarut Tauhiid dalam usaha membentuk karakter anak didik, (2) Olahraga panahan dalam perspektif Islam, (3) Nila-nilai dakwah yang terkandung dalam olahraga panahan, (4) Hubungan Nilai dakwah olahraga memanah dengan pembentukan karakter diri Siswa SMA Daarut Tauhiid, (5) Spesifikasi olahraga memanah terhadap pembentukan karakter Siswa SMA Daarut Tauhiid. Penelitian ini menggunakan metode teknik analisis deskriptif korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Daarut Tauhiid Bandung yang berjumlah 202 Siswa dengan pengambilan sampel sebanyak 59 Siswa. Teknik  pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan korelasional. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Visi dan misi sekolah menekankan pada penguatan karakter baik dan kuat (BAKU), sehingga dapat terwujud generasi harapan, yaitu siswa yang memiliki aqidah yang benar, berakhlakul karimah dan berprestasi, berbasis Al-qur’an dan Sunnah, (2) Olahraga yang paling dianjurkan oleh Rasulullah Shallalahu‘alaihi Wasallam yaitu memanah, sebagai sarana untuk melindungi dirinya. Para sahabat Nabi dan Para tabi’in pun demikian, karena di dalamnya terdapat kekuatan, (3) Selain untuk menjaga kesehatan olahraga memanah juga memiliki Nilai-nilai dakwah yang terkandung di dalamnya. Antara lain: Nilai Kedisiplinan, Nilai Keberanian, Nilai Fokus, Nilai melakukan yang terbaik, Nilai Kesabaran, Nilai Tawakkal, (4) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif dan berbanding  lurus antara Nilai dakwah memanah dengan pembentukan karakter diri siswa SMA Daarut Tauhiid di Cigugur Girang, (5) Olahraga memanah dapat membentuk karakter diri siswa SMA Daarut Tauhiid yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu karakter BAKU (Baik dan Kuat) yaitu selalu bersyukur, giat melatih diri dan lebih percaya diri.


Keywords


Nilai Dakwah, Olahraga Memanah, Karakter Diri. Keywords: Values of Da'wah, Sports of Archery, Character of Self.

References


Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, hlm. 690.

Herwantiyoko dan Neltje F. Katuuk, 1996. Pengantar Sosiologi dan Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: Gunadarma. hlm. 61.

M. Arifin. 1997, Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi, Jakarta: Bulan Bintang, hlm. 17.

Quraish Shihab. 1992, Membumikan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, hlm. 194.

Abdul Majid dan Dian Andayani, 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. hlm: 11.

Bambang S Ma’arif, 2015, Psikologi Komunikasi Dakwah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. hlm. 57




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6767

Flag Counter        Â