Efektivitas Pelaksanaan Pengajian oleh Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung dalam Peningkatan Akhlak Jamaah

Beni Romadi, Bambang S. Ma’arif, Mahmud Thohier

Abstract


Da'wah is an Islamic religious activities in which there are some activities such as amar ma'ruf and nahi mungkar, that essentially invite or call people to the path of Allah, to practice the teachings of Islam and prevent people from unjust acts. Da'wah can include bil lisan and bil hal, da'wah bil lisan including one activity da'wah that give great effect, because in the pengajians contains the values and teachings of Islam which can provide improved morals jamaah who followed him. Based on this phenomenon, the problem in this research is formulated as follows: (1) What the intent and purpose activities Islamic study Tarbiyah Sunnah Foundation Bandung? (2) Who were the da’i in the Islamic study activities of Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation? (3) what material submitted of Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation for increased of morals worshipers? (4) What are the methods used Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation in the increased of morals worshipers? (5) How is the communication patterns of da’wah carried Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation? (6) How big is the Effectiveness of Islamic study Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation in improving morals jamaah?. Researcher using descriptive analysis technique using a quantitative approach. Selected population in this study is the Jamaah pengajians of Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation, amounting to around 300 jamaah. By taking a sample of 100 jamaah. Data collection techniques used in this study is, interviews, observations, and questionnaires. Data analysis technique used in this research is descriptive analysis techniques. The results of this study are: (1) intent and purpose activities Islamic study Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation is to elevate the word of Allah by returning to the Al-Quran and As-Sunnah according to the understanding of As-Salafush Shalih, introduce Muslims will the true religion and invites them to run His teachings, Shaping Islamic generation that Rabbani and became a pioneer in many areas of life. (2) that became da'i in the Islamic study activities of Tarbiyah Sunnah Foundation Bandung, namely: Ustadz Abu Haidar Assundawy, Ustadz Abu Umar Indra, Ustadz Reza Gunarsa, Ustadz Iskandar Dinata, and others. (3) Material submitted of Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation for increased of morals worshipers is: material morals of the discussion of the book of Riyadush Shalihin. (4) Method of Islamic study used Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation in improving Morals is through Islamic study method bil lisan embodied in activities Islamic study weekly routine and Tabligh Akbar . (5) communication pattern da'wah Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation is the bil lisan and bil hal, (6) the Effectiveness of Islamic study implementation of Tarbiyah Sunnah Bandung Foundation  in improving morals very effective.

 

Dakwah merupakan kegiatan keagamaan dalam Islam yang didalamnya terdapat suatu kegiatan berupa amar ma’ruf dan nahi mungkar, yang intinya mengajak atau menyeru manusia kepada jalan Allah, mengamalkan ajaran-ajaran Islam dan mencegah manusia dari perbuatan mungkar. Dakwah bisa meliputi bil lisan dan bil hal, kegiatan dakwah bil lisan melalui pengajian termasuk salah satu kegiatan dakwah yang memberikan efek besar, karena didalam pengajian terkandung nilai-nilai dan ajaran Islam yang dapat memberikan peningkatan akhlak jamaah yang mengikutinya. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Apa maksud dan tujuan kegiatan pengajian Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung? (2) Siapa saja yang menjadi da’i dalam kegiatan pengajian Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung? (3) Apa saja materi pengajian yang disampaikan Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung dalam peningkatan akhlak jamaah? (4) Apa metode yang digunakan Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung dalam pningkatan akhlak jamaah? (5) Bagaimana pola komunikasi dakwah yang dilaksanakan Yayasan Tarbiyah Bandung? (6) Seberapa besar efektifitas pelaksanaan pengajian oleh Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung dalam peningkatan akhlak jamaah?. Peneliti menggunakan metode teknik analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah jamaah pengajian Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung yang berjumlah sekitar 300 Jamaah. Dengan pengambilan sampel sebanyak 100 jamaah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, wawancara, observasi, dan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Maksud dan tujuan pengajian Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung yaitu untuk meninggikan kalimat Allah dengan kembali kepada Al-Quran dan As-Sunnah menurut pemahaman As-Salafush Shalih, mengenalkan umat Islam akan agamanya yang benar dan mengajak mereka menjalankan ajaran-ajaran-Nya, Membentuk generasi Islam yang Rabbani dan menjadi pelopor dalam berbagai bidang kehidupan. (2) Yang menjadi da’i pada kegiatan pengajian Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung yaitu: Ustadz Abu Haidar Assundawy, Ustadz Abu Umar Indra, Ustadz Reza Gunarsa, Ustadz Iskandar Dinata, dan lain-lain. (3) Materi pengajian yang disampaikan Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung dalam peningkatan akhlak adalah: Materi Akhlak dari pembahasan kitab Riyadhus Shalihin, (4) Metode pengajian yang digunakan Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung dalam peningkatan Akhlak adalah melalui metode pengajian Bil Lisan yang terwujud dalam kegiatan pengajian rutin mingguan dan Tabligh Akbar. (5) Pola komunikasi dakwah Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung adalah bil lisan dan bil hal, (6) Efektivitas pelaksanaan pengajian Yayasan Tarbiyah Sunnah Bandung dalam peningkatan akhlak berjalan efektif.

 


Keywords


Da’wah, Islamic Study, Foundation, Morals

References


Pius A. Partanto dan M. Dahlan al-Barry. 2002, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola.

Sulkan Yasin dan Sunarto Hapsoyo. 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Praktis, Populer dan Kosa Kata Baru, Surabaya: Mekar.

Harbani Pasolong. 2007, Teori Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta.

Hendyat Soetopo dan Wasyti Soemanto. 1986, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bina Aksara.

Poerwadarminta. 1989, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Asmaran AS. 1992, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Rajawali Pers.

Hamzah Ya’kub. 1993, Etika Islam Pembinaan Akhlaqul Karimah (Suatu Pengantar), Bandung: CV Diponegoro.

Barnawie Umary. 1995, Materia Akhlak, Solo: Ramadhan.

Zainuddin. 1999, Muamalah dan Akhlak, Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5879

Flag Counter        Â