Pendekatan Dakwah Tabloid Alhikmah sebagai Media Dakwah Inspirasi Setiap Generasi

Ayip Saiful Bahri, Irfan Safrudin, Asep Ahmad Siddiq

Abstract


Abstract. Islam was born as a missionary religion, that religion has always encouraged its followers to preach. Preaching in its implementation, to invite people to the path of Allah, orally, in writing and deed. Along with the times, preaching is not only done through conventional media, but has shifted to public order presented by the mass media. Tabloid media propaganda AlHikmah as soon as alternative media propaganda affecting Islamic dimension.The study aims to: First: the background to the tabloid media Alhikmah as a missionary; Second, the approach taken by the tabloid propaganda AlHikmah; Tabloid third missionary approach AlHikmah implementation in each issue.Methods The study was descriptive qualitative research procedure that produces descriptive data. The analysis was done with the information, find contacts, compare and find the facts on the basis of the original data, so be approaching the research objectives to be achieved. Data collection techniques by observation, interview, and document search (tabloid AlHikmah have been published).The research results revealed: First, Tabloid AlHikmah born because its founders wanted to bring media the message of Islam that inspires each generation of the Muslim community is heterogeneous; Second, Tabloid AlHikmah as media propaganda, made a variety of approaches to mission are: to bring rubric and content of the article, full of Wisdom, tagline as a keyword, source of inspiration close and there around the lives of Muslims are, the messages of propaganda in the style of persuasion, as well as the publication of Tabloid AlHikmah. co Thirdly, Impelentasi approach taken Tabloid AlHikmah Propagation of the emergence of such sections and inspirational content articles in each edition, tagline that touch, the main inspiration rich wisdom in each edition as well as, the application of the theory of journalism and mass media in the pursuit of his mission.

 

Abstrak. Islam lahir sebagai agama dakwah, yaitu agama yang selalu mendorong pemeluknya untuk berdakwah.  Dakwah dalam implementasinya, mengajak manusia kepada jalan Allah Swt, secara lisan, tulisan maupun perbuatan. Seiring dengan perkembangan zaman, dakwah tidak hanya dilakukan melalui media konvensional, tetapi sudah bergeser ke tatanan publik yang disampaikan melalui media massa. Tabloid AlHikmah sebagai media dakwah hadir sebagai media dakwah alternatif yang menyentuh dimensi keislaman. Penelitian  bertujuan untuk mengetaui:  Pertama:   latar belakang lahirnya Tabloid Alhikmah sebagai media dakwah;  Kedua, pendekatan dakwah yang dilakukan oleh Tabloid AlHikmah;  Ketiga  implementasi pendekatan dakwah Tabloid AlHikmah dalam setiap terbitannya. Metode Penelitian yang dilakukan deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif.  Analisis dilakukan dengan memperkaya informasi, mencari hubungan, membandingkan dan menemukan fakta atas dasar data aslinya, shingga dianggap mendekati tujuan penelitian yang hendak dicapai. Teknik pengumpulan data dialakukan dengan observasi, wawancara, dan penelurusan dokumen (Tabloid AlHikmah yang telah terbit). Hasil penelitian mengungkapkan: Pertama, Tabloid AlHikmah lahir karena para pendirinya ingin menghadirkan media dakwah Islam yang menginspirasi setiap generasi untuk masyarakat muslim yang heterogen; Kedua, Tabloid AlHikmah sebagai media dakwah, melakukan berbagai pendekatan dakwah diantaranya: menghadirkan rubrik dan konten artikel yang penuh hikmah,  tagline sebagai kata kunci, sumber inspirasi dekat dan ada di sekitar kehidupan masyarakat Mulim, pesan dakwah dengan gaya persuasif, serta diterbitkannya Tabloid AlHikmah.co Ketiga, Impelentasi Pendekatan Dakwah yang dilakukan Tabloid AlHikmah diantaranya dari munculnya rubrik dan konten artikel yang inspiratif di setiap edisinya, tagline yang menyentuh, inspirasi utama yang kaya akan hikmah di setiap edisinya serta, pengaplikasian teori jurnalistik dan media massa dalam kiprah dakwahnya.


Keywords


Media Propagation , Inspiration , Persuasive

References


Elvinaro Ardianto, dkk, Komunikasi Massa, Suatu Pengantar, Edisi Revisi, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2007.

Enjang AS dan Aliyudin, Dasar-Dasar Ilmu Dakwah, Pendekatan Filosofis dan

Kustadi Suhandang, Ilmu Dakwah, Perspektif Komunikasi, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013.

Morissan, dkk, Teori Komunikasi Massa, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2010

Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007

Pipin Nurulllah, 2012, “Studi Gaya Penulisan Feature dalam Rubrik Mualaf Edisi Januari – Desember 2011 Tabloid AlHikmahâ€, Skripsi, 2012, Universitas Islam Negeri Bandung (UIN)

Praktis, (Bandung: Widya Padjajaran, 2009.

Rita Gani, Media, “Massa dalam Masyarakat Madaniâ€, Jurnal Mediator, (Bandung:

Selamet, Dakwah Islam Di Tengah Globalisasi Media dan Teknologi Informasi, Makalah, (Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2003

Tabloid AlHikmah, Edisi Agustus 2016

Volume VI Juni No. 1 Juni 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5143

Flag Counter        Â