Aktivitas Dakwah Pada Masyarakat Islam di Desa Cihanjuang Rahayu Parongpong Bandung Barat

ASEP ANSORI, RODLIYAH KHUZA, ARIFIN SYATIBI

Abstract


Aktivitas dakwah yang dilakukan pada masyarakat homogen (satu agama) tentu akan bebeda cara dan strateginya dengan lingkungan masyarakat yang heterogen (majemuk). Dalam hal ini masyarakat Desa Cihanjuang Rahayu khususnya Kp.Mokla hidupnya bersama-sama dengan orang-orang Kristen dan di sana pun berdiri Universitas Advent Indonesia. Disamping itu ada pembinaan dari mahasiswa Advent kepada anak-anak usia sekolah dasar dalam bentuk bimbingan belajar.

Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan teori manajemen dengan metode kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case study) dengan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Aktivitas dakwah Islamiyah di Desa Cihanjuang Rahayu berjalan dengan monoton, tidak ada strategi yang khusus dilakukan oleh MUI desa dan pemerintah. Interaksi sosial antar umat tidak berjalan dengan baik

Aktivitas dakwah di Desa Cihanjuang Rahayu mengalami peningkatan setiap tahunnya, strategi Dakwah yang dijalankan yaitu dengan merutinkan pengajian di setiap Mesjid dan memperingati hari-hari besar Islam. Interaksi sosial antara umat Islam dan Kristen di Desa Cihanjuang Rahayu walaupun terlihat baik namun masih kurang serasi dan belum mengarah pada kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama masih bersifat semu. Untuk itu maka setiap individu baik Islam maupun Kristen diperlukan kesadaran untuk bermasyarakat atau berinteraksi sosial satu sama lain, atau yang diajarkan oleh agama dan bangsa ini adalah memilii rasa toleransi

Keywords


aktivitas, strategi, dakwah

References


W.J.S. Poerwodarminto, 1976, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka,

Samuel Soeitoe, 1982, Psikoogi Pendidikan ll, Jakarta, FEUI

M.Munir dan Wahyu Ilahi, 2006, Manajemen Dakwah, Jakarta, Prenada Media

Hasibuan, Malayu S.P., 2001, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta, Bumi Aksara

Pandji Anoraga, 2009, Manajemen Bisnis, Jakarta, PT.Rineka Cipta

Departemen Agama, Pokok-Pokok Kebijaksanaan Mentri Agama Dalam Pembinaan Kehidupan Beragama, Jakarta, Departemen Agama

Moh. Ali Aziz, 2009, Ilmu Dakwah, Jakarta, Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1806

Flag Counter        Â