Pengaruh Poster Dakwah Islam pada Akun Sosial Media Instagram @Masjid_Habiburrahman Terhadap Minat Mad’u di Kota Bandung

Ahmad Arief Hidayat, Bambang S, Ma’arief, Nandang HMZ

Abstract


Abstract. Da'wah is basically conveying Islamic teachings to the wider community. Along with the development of technology, da'wah has developed very rapidly starting from the number of Mad'u, the method of preaching, and the da'i as agents of da'wah. Social media is something that we cannot deny as well as its existence as a missionary media, social media media that are much loved by humans today, namely Instagram, therefore many da'i are starting to use Instagram as a medium of propaganda. When someone accesses the da'wah account on Instagram and reads and sees while listening to the posts from the da'wah account, then the da'wah activities are continuing at that time. From this matter, the writer is interested in conducting a research entitled THE INFLUENCE OF ISLAMIC DEGREE ON THE INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ACCOUNT @MASJID_HABIBURRAHMAN ON THE INTEREST OF MAD'U IN BANDUNG CITY. This study aims to determine the general picture of the condition of the Habiburrahman Mosque congregation, PT. Indonesian Aerospace, Knowing the da'wah agenda at the Habiburrahman Mosque, PT. Dirgantara Indonesia, Knowing why to choose Instagram media @masjid_habiburrahman in spreading posters of Islamic da'wah, Knowing the process of making posters of Islamic da'wah on Instagram @masjid_habiburrahman, Knowing the influence of Instagram posters on Islam @masjid_habiburrahman on mad'u interests. The study uses Descriptive Quantitative methods, Data Collection Techniques, Observations, Interviews, Data Analysis, Questionnaires, Literature Studies, Population and Sampling. The results of this study are that mosque managers improve the reciprocal function between mosques and congregations. The da'wah agenda at the Habiburrahman mosque that can support the worshipers of the mosque, @Masjid_Habiburrahman uses Instagram media as media of propaganda is to make Instagram a place / place to preach and there are also those who make Instagram as media to access the contents of da'wah messages delivered in the media . The magnitude of the effect of variable X (Da'wah Poster) on variable Y (Level of Interest in Following the Study) is 64.48%, while the remaining 35.52% is influenced by other factors outside the da'wah poster which are not contained in the discussion of researchers.

 

Keyword: Mosque, Habiburrahman, @Masjid Habiburrahman, Da'wah Activities, Mad'u Interests

Abstrak. Dakwah pada dasarnya adalah menyampaikan ajaran Islam kepada masyarakat luas. Seiring berkembangnya teknologi, dakwah telah berkembang sangat pesat mulai dari jumlah Mad’u, metode berdakwah, dan para da’i sebagai pelaku dakwah. Sosial media merupakan hal yang tak dapat kita pungkiri pula keberadaannya sebagai media dakwah, media sosial yang banyak digandrumi oleh manusia saat ini yaitu Instagram, oleh karena itu banyak da’i yang mulai menggunakan Instagram sebagai media dakwah. Ketika seseorang mengakses akun dakwah di Instagram dan membaca serta melihat sekaligus mendengarkan postingan-postingan dari akun dakwah tersebut, maka kegiatan dakwah sedang berlanjut saat itu. Dari hal inilah penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul PENGARUH POSTER DAKWAH ISLAM PADA AKUN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @MASJID_HABIBURRAHMAN TERHADAP MINAT MAD’U DI KOTA BANDUNG.Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui gambaran umum kondisi jemaah Masjid Habiburrahman, PT. Dirgantara Indonesia, Mengetahui agenda dakwah di Masjid Habiburrahman, PT. Dirgantara Indonesia, Mengetahui kenapa memilih media Instagram @masjid_habiburrahman dalam menyebarkan poster dakwah islam, Mengetahui proses pembuatan poster dakwah islam di Instagram @masjid_habiburrahman, Mengetahui pengaruh poster dakwah islam di Instagram @masjid_habiburrahman terhadap minat mad’u. Penelitian menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif, Teknik Pengumpulan Data, Observasi, Wawancara, Analisis Data, Angket, Studi Literatur, Populasi dan Sampling. Hasil penelitian ini adalah pengelola masjid meningkatkan fungsi timbal balik antara masjid dan jemaah. Agenda dakwah di masjid Habiburrahman yang dapat menunjang para jemaah-jemaah masjid, @Masjid_Habiburrahman memanfaatkan media instagram sebagai media  dakwah adalah dengan menjadikan instagram sebagai wadah/tempat untuk berdakwah dan ada pula yang menjadikan instagram sebagai media untuk mengakses isi pesan dakwah yang disampaikan di media tersebut. Besarnya pengaruh variabel X (Poster Dakwah) terhadap variabel Y (Tingkat Minat Mengikuti Kajian) adalah sebesar 64,48%, sedangkan sisanya sebesar 35,52%  dipengaruhi oleh faktor lain diluar poster dakwah yang tidak terdapat dalam pembahasan peneliti.

 

Kata kunci: Masjid, Habiburrahman, @Masjid Habiburrahman, Aktivitas Dakwah, Minat Mad’u


Keywords


Masjid, Habiburrahman, @Masjid Habiburrahman, Aktivitas Dakwah, Minat Mad’u

Full Text:

PDF

References


Alwisral Imam Zaidalah dan Khaidir Khatib Bandaro, Strategi Dakwah dalam Membentuk Diri dan Khatib Profesional, (Jakarta: Kalam Mulia, 2005), Cet-2

Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1983)

Daryanto, Media Pembelajaran, (Yogyakarta: Gava Media, 2010)

Hafied Cangara. Pengantar Ilmu Komunikasi. (Jakarta:PT Raja Grafindo Persda.2002)

http://fadhilahms3.blogspot.com/2016/04/poster-sebagai-media-dakwah.html. Diakses pada 16 Januari 2019 pukul 13.00 WIB

Jahi, Amri, Komunikasi Massa dan Pembangunan di Negara-negara Dunia Ketiga: Suatu Pengantar, (Jakarta: PT. Gramedia, 1988)

Muhammad Munir dan Wahyu Ilahi, Manajemen Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2006) Ed.1 Cet. 1,

Rulli Nasrullah. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. (Jakarta: Simbiosa Rekatama Media, 2015),

Witherington, H. C. Psikologi Pendidikan. (Jakarta : Aksara Baru, 1999)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15921

Flag Counter        Â