Analisis Semiotika Nilai-nilai Dakwah Dalam “Film Surga Yang Tak Dirindukan 2” Karya Asma Nadia

Andi Ulfaizah Amal

Abstract


Abstract. Surga Yang Tak Dirindukan 2 movie is an Indonesian drama film that worked by MD Pictures production house. This film is adapted from a novel titled the same work of asthma nadia that contains values of da'wah. Surga Yang Tak Dirindukan 2 movie was produced by Manoj Punjabi and directed by Hanung Bramantyo, while the story script was written by Alim Sudio, Hanung Bramantyo and Manoj Punjabi. The values of da'wah implied in this film make this film worthy to be the object of research. Many positive things that can be taken also imitated from the story in this film, especially for students as agent of change. Each scene has an educational value, information, persuasion as well as a moral message that is packed in an interesting way based on existing social reality. The Charles S. Pierce Semiotics Elements in this Surga Yang Tak Dirindukan 2 movie is the meaning that became the object of the author's research. More explicitly examine the meaning of the values of dakwahnya.

Keywords: Analysis, Semiotika, Dawah's Value

 

Abstrak. Surga yang tak dirindukan 2 movie adalah sebuah film drama Indonesia yang digarap oleh rumah produksi MD Pictures. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya asma nadia yang mengandung nilai-nilai dakwah. Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 diproduseri oleh Manoj Punjabi dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo, sementara naskah cerita ditulis oleh Alim Sudio, Hanung Bramantyo dan Manoj Punjabi. Nila-nilai dakwah yang tersirat dalam film ini menjadikan film ini layak untuk dijadikan objek penelitian. Banyak hal yang positif yang bisa diambil juga ditiru dari cerita dalam film ini, khususnya untuk mahasiswa selaku agent of change. Setiap adegan memiliki nilai edukasi, informasi, persuasi serta pesan moral yang dikemas dengan cara yang menarik berdasarkan realita sosial yang ada. Elemen Semiotika Charles S. Pierce di dalam Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 ini adalah makna yang menjadi obyek penelitian penulis. Lebih jelasnya meneliti tentang makna nilai-nilai dakwahnya.

Kata Kunci: Analilis, Semiotika, Nilai-nilai Dakwah


Keywords


Analilis, Semiotika, Nilai-nilai Dakwah

Full Text:

PDF

References


Samsul Munir Amin, 2008 Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam, Jakarta: Amzah Publish House, hlm. 9

Mulkhan, Abdul Munir, 1996, Ideologisasi Gerakan Dakwah. Yogyakarta: Sipress.hal.17

Ade Irwansyah , 2009, Seandainya Saya Kritikus Film, Yogyakarta : CV Homerian Pustaka,hlm.

Denis McQuail, 2005, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Penerbit Erlangga, hlm. 13

Irawanto Budi, Film, 1999, Idiologi, dan Militer, Yogyakarta: Media Pressindo, hlm. 62

Sumarno, Marselli, 1966, Dasar-Dasar Apresiasi Film, Gramedia Widiasarana, Jakarta hlm. 36-37




Flag Counter