Strategi Dakwah Pondok Pesantren An–Nur dalam Pembentukan Akhlak Masyarakat Desa Mekarmulya Kec. Malangbong Kab. Garut

Muhammad Rizky Fauzi, Komarudin Shaleh, M. Rachmat Effendi

Abstract


Abstrak. Pada penelitian ini, peneliti meneliti sebuah lembaga pondok pesantren yang bertempat di Kp. Karanganyar Ds. Mekarmulya Kab. Garut. Peneliti meneliti mengeni strategi dakwah yang dilakukan oleh pondok pesantren tersebut terhadap akhlak masyarakat terlebih khusus kepada pemuda-pemuda kp. Karanganyar atau yang berusia. Jenis Penelitian dan pendekatan Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Pada pendekatanini, peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang alami. Berarti metodologi kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tenulis maupun lisan dari orang orang dan perilaku yang diamati.

Kata Kunci: strategi, dakwah, pondok pesantren,akhlak


Keywords


Strategi, Dakwah, Pondok Pesantren,Akhlak

Full Text:

PDF

References


Haidar Putra Dulay, Historisitas dan Eksistensi Pesantren, sekolah dan Madrasah,(Yogyakarta: Tiara Wacana,2001), hlm 8-9

DR.Bambang Ma’arif S, 2015,Psikologi Komunikasi Dakwah, Bandung; Simbiosa Rekatama Media, hlm 125-126

prof. Dr. Akdon, 2011, Strategi Management For Educational Management, Bandung, Alfabeta, hlm 4

Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam,(Surabaya: Al-Ikhlas, 1983), hal. 32

Acep Aripudin & Syukriadi Sambas, Dakwah Damai: Pengantar Dakwah Antar Budaya,(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), Cet. Ke-1, hal. 138

Awaludin, Strategi Dakwah Nahdlatul Ulama Dalam Membentengi Warga Nahdliyin Dari Aliran Islam Radikal, (Semarang: IAIN Walisongo, Skripsi,2008), hlm. 34.

Drs. Amin Syamsul Munir, 2013, Ilmu Dakwah, Jakarta, Amzah hlm 1

Syamsuddin RS, 2016, Sejarah Dakwah, Bandung; simbiosa rekatama media




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v4i1.10026

Flag Counter        Â