ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN LARUTAN KIMIA DI CV. FIRMA ADAM & SONS

Luthfan Arsyiy, Elly Halimatusadiah, Diamonalisa Sofianty

Abstract


Perkembangan teknologi dan sistem informasi berperan penting untuk memperbaiki kinerja suatu perusahaan dan merupakan sektor yang sangat penting untuk diintegrasikan ke dalam perusahaan sehingga dapat memberikan informasi yang berkualitas dan berguna bagi perusahaan. CV. FIRMA ADAM & SONS merupakan salah satu perusahaan dagang berbentuk persekutuan komanditer yang terdapat di Bandung yang berfokus menjual bahan – bahan keperluan laboratorium berupa larutan kimia. Dalam menjalankan prosesnya CV. FIRMA ADAM & SONS masih menggunakan sistem manual dan dalam pemrosesan persediaannya tidak diimbangi dengan pengelolaan persediaan yang baik.

Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas sistem informasi akuntansi yang saat ini sedang diterapkan di CV. FIRMA ADAM & SONS, untuk mengetahui kelemahan-kelamahan pada sistem yang ada, untuk mengetahui bagaimana rancangan sistem informasi akuntansi yang dibutuhkan CV. FIRMA ADAM & SONS. Analisis dan perancangan ini juga bertujuan untuk mengetahui bentuk spesifikasi sistem informasi akuntansi yang dapat diterapkan di CV. FIRMA ADAM & SONS.

Metode pengembangan sistem yang dilakukan dalam penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan pendekatan FAST System Design Strategies dengan tambahan alat-alat dan teknik yang disediakan untuk memudahkan penulis dalam melaksanakan kegiatan pengembangan sistem, sehingga didapatkan sistem yang strukturnya didefinisikan dengan baik dan jelas sebagai hasil akhir pengembangan sistem.

Hasil yang didapatkan dari analisis dan perancangan sistem yang dilakukan yaitu sebuah perancangan sistem informasi akuntansi persediaan yang mampu menunjang kebutuhan operasional. Adapun keunggulan sistem yang dihasilkan yaitu pengendalian atas persediaan dan data yang lebih terjamin, proses input hingga output (laporan) terintegrasi dan terkomputerisasi  sehingga dapat mempercepat keputusan pengambilan keputusan bagi store manager.

Keywords


Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Kadir. 2002. Pengenalan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA). 2002.Statement on Auditing Standards. New York:AICPA.

Anggoro, Juntrung M. 2010. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA PERSEDIAAN DAN PEMBELIAN BARANG PADA PT DECORIN PUTRA. BINUS 2010.

Arens, Alvin. A., dan James K. Loebbecke. 2003. Auditing, Pendekatan Terpadu,Terjemahan Amir Abadi Jusuf, Salemba Empat, Jakarta.

Astrarini, Berlian. 2010. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pada Persediaan Barang Dagangan AYU SEKAR CAKE. Gunadarma 2010.

Azhar, La Midjan dan Susanto. 2001. Sistem Informasi Akuntansi II. Lembaga Informatika. Bandung.

Baridwan, Zaki. 2000. Intermedite Accounting, BPFE, Yogyakarta.

Bodnar, George H dan William S. Hopwood. 2003. Sistem Informasi Akuntansi EdisiKedelapan. PT INDEKS, Kelompok Gramedia. Jakarta.

Budi Sutedjo Dharma Oetomo. 2002. Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Dewi Ratna Sari, Jerry dan Junita. 2008. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTASI PERSEDIAAN PADA PT. CHEMICAL COMPANY OF MALAYSIA INDONESIA. BINUS 2008.

Fathansyah.1999. Basis Data. Informatika Bandung. Bandung.

Fuady, Munir. 2008. Hukum Bisnis. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Harahap, Sofyan Safri, 2003. Teori Akuntansi, Edisi Kelima. PT. Raspindo. Jakarta.

Jogianto,H.M. 1999. Analisa dan Desain Informasi. Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul. 2009. Dasar Perancangan & Implementasi Database Relasional.Yogyakarta : Penerbit Andi.

Kendall, Kenneth E. dan Julie E. Kendall. 2006. Analisis dan Perancangan Sistem Edisi Kelima. PT INDEKS. Jakarta.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi Edisi Ketiga Cetakan Ketiga. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Reeve, Warren Fess. 2008. Accounting - Pengantar Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta. 2008.

Romney, Mashal B dan Paul John Steintbart. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta. Bandung.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Whitten, Jeffrey L., LonnieD, Bentley. 2004. Systems Analysis And Design Methods, Fourth Edition. United States : The McGraw-Hill.

Wira, Yudhawati Pertiwi. 2012. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Siklus Pengeluaran Dan Persediaan Pada PT GELORA INTAN REKSA. BINUS 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.852

Flag Counter    Â