PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ( STUDI KASUS PADA GREEN CAKE DAN COFFEE BANDUNG)

Muhamad Azmi Abdurochman, Ratih Tresnati, Dede R. Oktini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pelaksanaan kualitas pelayanan Green cake dan Coffee Bandung,untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang kualitas pelayanan Green cake dan Coffee Bandung,untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan Green cake dan Coffee Bandung,untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Green cake dan Coffee Bandung.

Jenis penelitian verfikatif,yaitu Penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh variabel independen dengan variabel dependen.Sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus yaitu,penelitian yang berfungsi mengetahui suatu fenomena,gejala yang khas atau unik dari suatu individu kelompok atau objek sosial lainya.Sehingga dapat diperoleh suatu deskripsi yang rinci mengenai fenomena atau gejala tersebut.

 

Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan Green cake dan Coffee Bandung.Teknik pengumpulan sampel adalah non probability sampling.Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipoteisis.

 

Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Green cake dan Coffee Bandung dengan tingkat pengaruh yang sangat erat.


Keywords


Kualitas Pelayanan,Loyalitas Pelanggan

References


Christopher H. Lovelock, Jochen Wirtz, & Patricia Chew.Essentials of Service Marketing. 2nd Edition. Singapore: Prentice Hall Published,(2012).

Griffin,Jill(1998),Customer Loyalty,Lexington Book Co.New york.

Griffin,Jill.(2005), Customer Loyalty-How to Earn it,How to keep it,Graw Hill,Kentucky.

Griffin,Jill.(1996),Customer Loyalty-How to Earn it,How to keep it,Lexington.

Heskeet,JamesL,W Earl Sasser,Jr,and Cristopher W.L.Hart.(1990).Service Breakthroughs,New york:The Free Press.

Kotler,Philip.(2000),Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia.,Jilid I dan II,Penerbit PT.Pretalindo,Jakarta.

Kotler,Philip.(2002),Manajemen Pemasaran Edisi Milenium,USA:Prentice Hall.

Kotler,Philip.(2005),Manajemen Pemasaran:Analisis, Perencanaan, Implementasi

dan Pengendalian,Buku 1,edisi sembilan.PT.Pretalindo,Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat.(2001),Manajemen Pemasaran Jasa,Penerbit:Salemba Pusat.

Philip Kotler, and Kevin Lane Keller. Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall Published, (2012).

Stanton,Wiliam.J.(2005),Prinsip Pemasaran,Edisi Ketujuh,Erlangga,Jakarta.

Sugiyono, (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono,Fandy,(2006),Manajemen Jasa,Cetakan ketiga.Yogyakarta.Penerbit Andi.Edisi ketiga.

Zeithamel,V,Parasuraman,A.Berry,L(1990) Delevery Quality ervice Balancing Customer Perception And Expection,USA:Free Press Collier MacmilanPublisher.

Zeithaml,Bitner and Gremier,(2006).Service Marketing.fourth edition.Prentice Hall;exclusive right by Mc Graw.Hill




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.849

Flag Counter    Â