ANALISIS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DI PT. DIRGANTARA INDONESIA

Teguh Rukmana, Epi Fitriah, Yuni Rosdiana

Abstract


Abstract. Restructuring in the body of the company is one of the factors to maintain perusaahan, which among others is to evaluate the management control systems where control is also one of the basic functions of management. The object of this research is on the PT. Indonesian Aerospace. This study was conducted to determine the state of the existing system of management control in the company and identify the problem as follows: (1) How is the implementation of management control systems in PT.DI. (2) How managerial performance on PT.DI. (3) How is the analysis of the implementation of management control systems to improve managerial performance in PT.DI. The method used is descriptive method of analysis using the case study method approach PT.DI. in data collection techniques, the authors use the data collected through: questionnaires, and interviews. The results of the study explained that the management control systems in PT.DI adequate, it can be explained that the structure of management control systems describe the clarity of functions, and a clear division of tasks. Managerial performance in PT.DI including good performance, it is reflected from 5 (five) dimensions: Stakeholder Satisfaction, Strategies, Process, Capabilities, and Stakeholder Contribution located on both criteria. The management control systems are adequate PT.DI da tone associated with good managerial performance.

 

Keywords: Control system management, performance manager.

 

Abstrak. Penyehatan dalam tubuh perusahaan merupakan salah satu faktor untuk mempertahankan perusaahan, yang diantaranya yaitu mengevaluasi sistem pengendalian manajemen dimana pengendalian juga merupakan salah satu fungsi dasar dari manajemen. Objek dalam penelitian adalah pada PT. Dirgantara Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keadaan sistem pengendalian manajemen yang ada dalam perusahaan dan mengidentifikasikan permasalahannya sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan sistem pengendalian manajemen di PT.DI. (2) Bagaimana kinerja manajerial pada PT.DI. (3) Bagaimana analisis penerapan sistem pengendalian manajemen untuk meningkatkan kinerja manajerial di PT.DI.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan metode studi kasus pada PT.DI. dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan cara pengumpulan data melalui: Kuesioner, dan wawancara.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa sistem pengendalian manajemen di PT.DI  sudah memadai, hal ini dapat dijelaskan bahwa struktur sistem pengendalian manajemen menggambarkan kejelasan fungsi, dan pembagian tugas yang jelas. Kinerja manajerial di PT.DI termasuk kinerja yang baik, hal ini tercermin dari 5 (lima) dimensi yaitu :Stakeholder Satisfaction, Strategies, Process, Capabilities, dan Stakeholder Contribution berada pada kriteria baik. Sistem pengendalian manajemen di PT.DI sudah memadai dan ada kaitannya dengan kinerja manajerial yang baik.

 

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Manajemen dan Kinerja Manajerial

Keywords


Sistem Pengendalian Manajemen, Kinerja Manajerial

References


Anthony dan Govindarajan. “Management Control System†Edisi 11, Buku 2.

Salemba Empat, Jakarta 2005

Don R. Hansen and Maryanne M. Mowen. 1999, Akuntansi Manajemen. Jilid 1, Alih

Bahasa Ancella A Hermawan, Penerbit Erlangga, Jakarta

Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen, Konsep, Aplikasi dan

Pengukuran Kinerja. Edisi 2. Indeks.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.715

Flag Counter    Â