Pengaruh Konservatisme Akuntansi , Ukuran Perusahaan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Earning Response Coefficient

Femy Febian Kumala

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to examine the effect of accounting conservatism against eraning response coefficient (ERC), the size of the company against earnings response coefficient (ERC), and the disclosure of corporate social responsibility (CSR) towards earning response coefficient (ERC), and the impact of accounting conservatism, size company, and the disclosure of corporate social responsibility towards earning response coefficient (ERC). The method used in this research is descriptive analysis method with the correlational approach and by using multiple linear regression analysis test. The target population in this study is a company manufacturing cosmetics and medicine sub-sector listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) and issue financial statements seventh consecutive year - has the year 2009 - 2015. While the company is a unit of analysis is as much as five companies. The results of this study showed that simultaneous accounting conservatism, the size of the company, the disclosure of corporate social responsibility influence the earnings response coefficient (ERC). Partially accounting conservatism significant effect on earnings response coefficient (ERC), firm size has no effect on earnings response coefficient (ERC), and the disclosure of corporate social responsibility no significant effect on earnings response coefficient (ERC).

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konservatisme akuntansi terhadap eraning response coefficient (ERC), ukuran perusahaan terhadap earning response coefficient (ERC),  dan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap earning response coefficient (ERC), serta pengaruh konservatisme akuntansi , ukuran perusahaan , dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap earning response coefficient (ERC). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan korelasional dan dengan menggunakan alat uji analisis regresi linear berganda. Target populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik dan obat yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) dan mengeluarkan laporan keuangan tujuh tahun berturut – turut yaitu tahun 2009 – 2015. Sedangkan perusahaan yang menjadi unit analisi adalah sebanyak 5 perusahaan. Hasil dari penelitian ini secara simultan menunjukan bahwa konservatisme akuntansi, ukuran perusahaan , pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh terhadap earning response coefficient (ERC). Sedangkan secara parsial konservatisme akuntansi berpengaruh signifikan terhadap earning response coefficient (ERC) , ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap earning response coefficient (ERC) , serta pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap earning response coefficient (ERC).


Keywords


Accounting Conservatism, Company Size, Disclosure of Corporate Social Responsibility, Earning Response Coefficient (ERC)

References


Anggraini, Fr. dan R. Retno. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan ( Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi IX.

Bastian.Indra.2006.Akuntansi Pendidikan.

Darwin, A. 2004. Penerapan SustainabilityReporting di Indonesia. Konvensi Nasional Akuntansi V, Progam Profesi Lanjutan, 13-15 Desember. Ghozali, I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 3. Semarang. Badan Penerbit-UNDIP.

Gujarati.Damonar.2006.Dasar – Dasar Ekonometrika.

Indrawati, Novita. 2009. Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Annual Report Serta Pengaruh Political Visibility Dan Economic Performance. Pekbis Jurnal, Vol.1, No.1, Maret 2009: 1-11.

Ketergantungan Pada Hutang, dan Pengungkapan Tanggung Jawab Perusahaanâ€, Simposium Nasional Akuntansi VI, 2003.

Murwaningsari, Ety. 2009. Hubungan Corporate Governance, Corporate Social Responsibilities dan Corporate Financial Performance Dalam Satu Continuum. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 11, No. 1, Mei 2009: 30-41.

Permanasari, Mirra. 2010. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Tingkat Profitabilitas, Besaran Pajak Penghasilan, Dan Biaya Operasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal akuntansi

Rini, Annisa Sulistyo dan Fadila, Idha. 2016. “KINERJA PERBANKAN 2015: Laba Sulit Berkembang (Online), (http://finansial.bisnis.com/read/20160104/90/506762/kinerja-perbankan-2015-laba-bank-sulit-berkembang, diakses pada tanggal 20 desember 2016).

Sayekti, Y. dan L. S. Wondabio. 2007. Pengaruh CSR diclosure terhadap Earning Response Coefficientyang terdfatar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi X.

Scott, W. R. 2003. Financial Accounting Theory, third Edition. Toronto: Prentice Hall.

Sekaran, Uma. 2014. Research Methods for Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sembiring, E. R. 2005. “Karakteristik Prusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakartaâ€,Simposium Nasional Akuntansi VIII, Vol. 2005. Sekaran, Uma. 2003. Research Methods for Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sembiring, Eddy Rismanda (2003), “Kinerja Keuangan, Political Visibility,

Spicer, Barry H. (1978), “Investors, Corporate Social Performance and Information Disclosure: An Empirical Studyâ€, The Accounting Review, Vol. 53, No. 1, Jan, pp. 94-111.

Suratno, Ign Bondan, Darsono, dan Siti Mutmainah (2006), “Pengaruh Environmental Performance terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2004â€, Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 23-26 Agustus 2006.

Zahroh, N. dan U. Siddharta. 2006. “ Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan dan Profitabilitas Perusahaan terhadap Koefisien Respon Laba dan Koefisien Respon nilai Buku Ekuitas : Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakartaâ€. Simposium Nasional Akuntansi 9. Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6308

Flag Counter    Â