Peranan Audit Internal dan Pengendalian Internal Pemberian Kredit Usaha Rakyat terhadap Risiko Kredit Macet pada Bank BUMN di Kota Bandung

Nur Aghia Mulya, Pupung Purnamasari, Mey Maemunah

Abstract


Abstract. In the face of the AEC (ASEAN Economic Community) one of the steps that must be done is to build and develop the Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs), to realize its state-owned bank providing credit to borrow money to start a business or expand an existing business, known as Business Loan (KUR). In granting the KUR there is a risk, namely the risk of bad loans that would result from granting KUR goal is not reached. To minimize the risk of bad loans is then in the granting of KUR must be accompanied by internal controls to control whether the provision of credit in accordance with the objectives and ensure the provision of bank credit has run well while providing improvements for any deficiencies found in order to support the effectiveness, banks need to do checks the operational activities of the run, then it is necessary internal audit to assess and check the internal operations of the Bank. The purpose of this study to find out how the role of internal audit and internal control people's business credit against the risk of bad loans at state-owned bank in Bandung. The method used was survey method with data collection questionnaires with respondents auditors working on a state-owned bank in Bandung. Test equipment analysis used is multiple regression analysis. Based on the analysis performed, the role of internal audit and internal control people's business credit has played a significant and trade-offs against the risk of bad debts. Therefore it can be concluded, the better the role of internal audit and internal control people's business credit, the more reduced the risk of bad debts.

Abstrak. Dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) salah satu langkah yang harus dilakukan yaitu membangun dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk mewujudkan nya Bank BUMN memberikan kredit pinjaman uang untuk membuka usaha atau mengembangkan usaha yang telah ada yang dikenal dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dalam pemberian KUR terdapat risiko, yaitu risiko kredit macet yang akan mengakibatkan tujuan dari pemberian KUR tidak tercapai. Untuk meminimalisir risiko kredit macet tersebut maka dalam pemberian KUR harus disertai dengan pengendalian internal untuk mengontrol apakah pemberian kredit sesuai dengan tujuan dan memastikan pemberian kredit bank telah berjalan dengan baik sekaligus memberikan perbaikan atas segala kekurangan yang ditemukan dalam rangka menunjang efektivitas, maka bank perlu melakukan pemeriksaan terhadap kegiatan operasional yang dijalankan, maka dari itu diperlukan audit internal untuk menilai dan memeriksa kegiatan operasional internal Bank tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan audit internal dan pengendalian internal pemberian Kredit Usaha Rakyat terhadap risiko kredit macet di Bank BUMN Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data kuesioner dengan responden auditor yang bekerja pada Bank BUMN di Kota Bandung. Alat uji analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, peranan audit internal dan pengendalian internal pemberian Kredit Usaha Rakyat berperan signifikan dan mempunyai hubungan yang tidak searah terhadap risiko kredit macet. Oleh karena itu dapat disimpulkan semakin baik peran audit internal dan pengendalian internal pemberian Kredit Usaha Rakyat, maka semakin berkurang risiko kredit macet.


Keywords


Internal Audit, Internal Control of Credit, Bad Credit Risks

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta

COSO 2013. Internal Control – Integrated Framework : Executive Summary.

Durham, North Carolina

Mulyadi. 2002. Auditing Buku 1, Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Empat

Sawyer, Lawrence B, Dittenhofer Mortimer A, Scheiner James H, 2005. Internal

Auditing, Diterjemahkan oleh: Desi Adhahariani, Buku 1, Edisi Kelima.

Siamat, Dahlan. 2001. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta

The Institute of Internal Auditors (IIA). 1995. Standards For The Professional Practice

of Internal Auditing. Florida: The Institute of Internal Auditors USA

Suharno. 2003. Analisa Kredit. Jakarta : Djambatan




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5150

Flag Counter    Â