Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan di Nordhen Basic

Denila Sari, Magnaz Lestira Oktaroza, Elly Halimatusadiah

Abstract


Abstract. Nordhen Basic is a fashion male business. The research about the management information system in the store is conducted on May untill July 2016. The aimed of the research are to find out the weakness of their management system information that applied in Nordhen Basic and designed the suitable of management system information for them. The method of this research are analysis descriptive and FAST (Frame Work for the Application of System Technique)method with JAD (Joint Application Development)technique by following the system life cycle steps with additional tools and provision technique that make analysis is more easier in system developments, therefore the final result from the development system are structured and had a good and clearly definition. The research result  from the analysis and the design is a providing and selling system that supporting companies activity start from input until output system that useful for companies in business process. 

Abstrak. Nordhen Basic merupakan usaha yang bergerak di bidang fashion pria. Penelitian mengenai sistem informasi pengelolaan di toko ini dilakukan pada bulan Mei hingga Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan sistem informasi persediaan dan penjualan yang diterapkan di Nordhen Basic serta merancang model sistem informasi persediaan dan penjualan yang sesuai untuk Nordhen Basic. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analisis dan menggunakan metode FAST (Frame Work for the Application of System Technique) dan teknik pengembangan JAD (Joint Application Development) dengan mengikuti tahapan-tahapan system life cycle dengan tambahan alat-alat dan teknik yang disediakan untuk memudahkan analis dalam pelaksanaan pengembangan sistem, sehingga hasil akhir dari sistem yang dikembangkan akan mendapatkan sistem yang terstruktur dan didefinisikan dengan baik dan jelas. Hasil yang didapatkan dari analisis dan perancangan yang dilakukan yakni sebuah rancangan sistem persediaan dan penjualan yang mampu menunjang kegiatan perusahaan dimulai dari input hingga output yang berguna bagi perusahaan dalam melaksanakan proses bisnis.


Keywords


Information system, Selling, Providing.

References


Jogiyanto. 2008. Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Laudon, Keneth dkk. 2014. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.

Whitten, Jeffrey L., Lonnie D. Bantley, Kevin C. Ditman. 2004, System Analysis and Design Methods. edisi 1. Yogyakarta : Andi.

Widjajanto, Nugroho. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5036

Flag Counter    Â