Analisis Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Di Cerva Store

Rangga Aditia, Elly Halimatusadiah, Magnaz L. Oktaroza

Abstract


Abstract. Information technologies require scientists to take advantage of technological developments to the fullest, one of which will use the information media. The development of this technology has made it easier on human activity, both in terms of business and lifestyle. Information technology can not be separated with the development of the internet world today. The information presented in the Internet world is very global and always endeavored ontime so time update the information very quickly. Cerva Store is a company engaged in the field of Fashion. The company provides items of clothing and accessories for garments that hope advances in technology can support this effort. The purpose of this research is to improve this by analyzing the old system and designing information systems sales and cash receipts are expected to be new and useful and can help to improve the quality of the company's operations. This is done to determine the extent of the procedure information systems sales and cash receipts are being applied. The method used is descriptive analysis while the research method used is the method FAST (Frame Work For the Application of System Technique) and development techniques JAD (joint application Development) to follow the stages System life cycle with additional tools and techniques analysts provided to facilitate the implementation of systems development,so that the end result of the developed system will receive a system structured and well-defined and clear. Results obtained from analysis and design is made that a design of information systems sales and cash receipts are able to support the company's operational needs by designing the sales process and receipt of cash starting from input to output is useful for companies in evaluating the performance of the company for the implementation of business processes more effectively and efficient.

Abstrak. Teknologi informasi menuntut para ilmuan memanfaatkan perkembangan teknologi secara maksimal, salah satunya pemanfaatan akan media informasi. Perkembangan teknologi ini telah memberikan kemudahan pada aktivitas manusia, baik itu dalam segi bisnis dan gaya hidup. Teknologi informasi tidak  dapat  dipisahkan dengan perkembangan dunia internet saat ini. Informasi yang disajikan di dunia internet sudah sangat global dan selalu diusahakan ontime sehingga waktu update suatu informasi sangatlah cepat. Cerva Store adalah perusahaan yang bergerak di bidang Fashion. Perusahaan ini menyediakan barang-barang berupa pakaian dan perlengkapan untuk pakaian yang berharap kemajuan teknologi dapat mensupport usaha ini,  sistem informasi yang tersedia belum menyeluruh sehingga proses bisnis kurang dilaksanakan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki hal tersebut dengan menganalisis sistem lama dan merancang sistem informasi penjualan dan penerimaan kas yang baru dan diharapkan dapat berguna dan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas operasional perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana prosedur sistem informasi penjualan dan penerimaan kas yang sedang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode FAST (Frame Work For the Application of System Technique) dan teknik pengembangan JAD (Joint application Development) dengan mengikuti tahapan-tahapan System life cycle dengan tambahan alat-alat dan teknik yang disediakan untuk memudahkan analis dalam pelaksanaan pengembangan sistem, sehingga hasil akhir dari sistem yang dikembangkan akan mendapatkan sistem yang terstruktur dan didefinisikan dengan baik dan jelas. Hasil yang didapatkan dari analisis dan perancangan yang dilakukan yakni sebuah rancangan sistem informasi penjualan dan penerimaan kas yang mampu menunjang kebutuhan operasional perusahaan dengan merancang proses penjualan dan penerimaan kas dimulai dari input hingga ouput yang berguna bagi perusahaan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan agar pelaksanaan proses bisnis lebih efektif dan efisien.


Keywords


Accounting Information System, Sales, Cash Receipts

References


C. loudon, Knneth . 2007. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10. Google Books.

http://tjiaieming.blogspot.co.id/2012/04/sistem-informasi-akuntansi-penjualan.html

http://jurnalapapun.blogspot.co.id/2015/02/pencatatan-dan-pelaporan-penjualan.html

James A Hall 2007. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta : Salemba Empat

Jogianto H.M 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi Edisi III. Yogyakar-ta :Andi.

Jogiyanto. 2008. Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip and Gary Armstrong (2012). Principle of Marketing, Fourteenth Edition. Pearson Education Limited, England.

La Midzan dan Azhar Susanto (2006) Sistem Informasi Akuntansi

Lovelock, Christopher and Lauren Wright (2002). Principles of Service Marketing and Management. Second Edition. Pearson Education International, Inc. Prentice Hall.

Marshall, Paul Jhon. 2005. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Sembilan. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyadi Sistem Informasi Akuntansi (2006:41)

O’Brien, James A. dan George M. Marakas. 2010. Management Information Systems, Eight Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Rangkuti, Fredy. (2003). Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy. Cetakan Kedua. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Romney, Marshall B, Paul John Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13, Di-Indonesiakan oleh Kikin Sukinah Nur Safira dan Novita Puspasari. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed

Methods). Bandung : Alfabeta,cv

Whitten, Jeffrey L., Lonnie D, Bantley, Kevin C. Ditman. 1998. System Analysis and Design Methods, Sixth Edittion.

Whitten, Jeffrey L., Lonnie D. Bantley, Kevin C. Ditman. 2004, System Analysis and Design Methods. edisi 1. Yogyakarta : Andi.

Widjajanto, Nugroho. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5028

Flag Counter    Â