Pengaruh Agency Cost dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014)

Dara Faiga Rahim Somantri, Sri Fadilah, Edi Sukarmanto

Abstract


Abstract. This research was conducted in order to determine the effect of agency cost and capital structure to the company's value. The method used in this research is descriptive method with data analysis using quantitative methods. The population of this research are banking companies listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) in 2011 until 2015. For the purposes of the study, data collection was performed using the target population in 42 companies. The target population of the withdrawals acquired 18 companies that fit the criteria. The data used in this research is secondary data. Data analysis method used is multiple linear regression analysis. Limitations in this study are the factors that affect the value of the company only agency cost and capital structure. Year period used is still quite short just take as long as five years. These results indicate that the agency cost effect on the value of the company. Agency costs partially positive effect on the value of the company and its capital structure partially negatively affect the value of the company. For further research, may consider using the other variable is the performance of the company, market ratio, and good corporate governance. As well advised to use a period of more than five years for a longer period of observation.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh agency cost dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek indonesia (BEI) tahun 2011 sampai dengan tahun 2015. Untuk kegunaan penelitian tersebut, pengumpulan data dilakukan menggunakan target populasi pada 42 perusahaan. Dari penarikan target populasi diperoleh 18 perusahaan yang sesuai kriteria. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan hanya agency cost dan struktur modal. Periode tahun yang digunakan masih cukup singkat hanya mengambil waktu selama lima tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa agency cost berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Agency cost secara parsial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan struktur modal secara parsial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Untuk penelitian selanjutnya, dapat mempertimbangkan dengan menggunakan variabel lain yaitu kinerja perusahaan, rasio pasar, dan good corporate governance. Serta disarankan menggunakan periode lebih dari 5 tahun agar periode pengamatan lebih panjang.


Keywords


Agency Cost, Capital Structure, and Corporate Values.

References


Haryono, Slamet, 2005. Struktur Kepemilikan dalam Bingkai Teori Keagenan, Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol. 5, No. 1, Pebruari 2005: 63 – 71.

Maria Naftaly, Lily Safitri, Trisnadi Wijaya. 2013. Analisis Pengaruh Agency Cost dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. E-Journal.

Santono, R. Agus. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Scott, W. R. 2000. Financial Accounting Theory, 2nd edition. Prentice Hall Canada Inc.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke – 2. Bandung : Alfabeta.

SumberLain:

www.idx.co.id

www.sahamoke.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4983

Flag Counter    Â