Analisis Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

Yurike Astari Anggraeni, Rini Lestari, Epi Fitriah

Abstract


Abstract. PT Maskitani is a company engaged in the formulation of agrochemicals. The company has implemented Total Quality Management (TQM) to improve product quality in order to improve customers satisfaction. The purpose of thisstudy was to determine, how the aplication TQM in increasing productivity of labor. The research methode that authors used is descriptive analysis method and case study method. Data collection techniques that used by the authors is interview and questionnaire. Based on the research that has been done can be seen that the adoption of TQM at PT Maskitani very good, because the respondents stated that the implementation of TQM in the company is already present in the criteria very well where the company has reached nine of the ten dimensions are used as a criterion in making a statement. Productivity of labor at PT Maskitani entered into in good criterion. That is because three of the six dimensions are used as a benchmark to make a statement is in both criteria. Based on the research that has been done in PT Maskitani by distributing a questionnaire containing statements relating to the implementation of TQM and productivity of labor, it is known that TQM at PT Maskitani are in very good criteria and labor productivity at PT Maskitani included in both criteria, so it can be said that TQM can improve labor productivity well. 

Abstrak. PT Maskitani merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang formulasi agrokimia. Perusahaan ini telah menerapkan Total Quality Management (TQM) untuk meningkatkan kualitas produk agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Total Quality Management dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan wawancara dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Penerapan TQM pada PT Maskitani sangat baik, karena para responden menyatakan bahwa penerapan TQM di perusahaan sudah ada dalam kriteria sangat baik dimana perusahan telah mencapai sembilan dari sepuluh dimensi yang dijadikan sebagai patokan dalam pembuatan pernyataan. Produktivitas tenaga kerja pada PT Maskitani masuk ke dalam di kriteria baik. Hal tersebut dikarenakan tiga dari enam dimensi yang dijadikan patokan untuk membuat pernyataan berada dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di PT Maskitani dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pernyataan yang berkaitan dengan  penerapan TQM dan produktivitas tenaga kerja, dapat diketahui bahwa TQM pada PT Maskitani berada dalam kriteria sangat baik dan produktivitas tenaga kerja pada PT Maskitani termasuk ke dalam kriteria baik, sehingga dapat dikatakan bahwa TQM dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan baik.


Keywords


Total Quality Management, Productivity Of Labor

References


Besterfield, Dale H. Carol Besterfield-Michna. Glen H. Besterfield. Mary Besterfield- Sacre. 1999. Total Quality Management. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Hansen, Don R. & Maryanne M. Mowen. 2000. Akuntansi Manajemen. Diterjemahkan oleh : A. Hermawan. Jakarta : Erlangga

__________________________________. 2006. Akuntansi Manajemen. Diterjemagkan oleh: Dewi Fitriasari, M.Si. dan Deny Arnos Kwary, M.Hum. Jakarta : Salemba Empat

Hilton, Ronald W. 2005. Managerial Accounting : Creating Value in a Dynamic Business Enviromment. The McGraw-Hill Companiwa, Inc.

Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia.

Rotering, Frank M. 2010. Needs and Limits : A New Economics for Suistainable Well-being. Canada : Self-published by Rotering, Frank

Sedarmayanti, 2001. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mizan.

Sinungan, Muchdarsyah. 2000. Produktivitas : apa dan bagaimana. Jakarta : Bumi Aksara

Suharyadi. Arissetyanto Nugroho. Purwanto S. K. . Maman Faturohman. 2007. Kewirausahaan : Membangun Usia Sukses Sejak Muda. Jakarta : Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Dian. 2003. Total Quality Management (TQM). Yogyakarta: C.V Andi Offset

Umar. 2001. Balai Pengembangan Produktivitas Daerah.

Usry, Milton F., Hammer, Lawrence H., 1992, Akuntansi Biaya : Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4761

Flag Counter    Â