Pengaruh Perencanaan Pajak terhadap Nilai Perusahaan

Ferza Nugraha, Diamonalisa Sofianty

Abstract


Abstract. Today the company is faced with intensed competitions in order to compete and survive in the global market. Tight competittion is a trigger for the management of the company in order to display the best value of the company.  This research aims to measure the effect of tax planning on the firm value. The research methode that used was quantitative verificative. Data that used in this research was secondary data obtained from www.idx.com Data collections techniques with documentations techinique. The population selected in this research is 78 Infrastructure, Utility, and Transportations companies that were registered on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2019 - 2020 using purposive sampling methode. So obtained sample 0f 21 companies that meet the criteria. The data was analyzed using simple regresssion and hypothetical tests using t Test. The results of this study show that tax planning hasa a positive effect on the firm value.

Keywords: tax Planning, Firm Value

Abstrak. Saat ini perusahaan dihadapkan pada persaingan ketat agar dapat bersaing dan juga bertahan di dalam pasar global. Ketat nya persaingan menjadi pemantik bagi management perusahaan agar dapat menampilkan nilai terbaik dari perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif verifikatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoIeh dari www.idx.com. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Populasi yang di pilih pada penelitian ini adalah 78 perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019 – 2020 dengan menggunakan metode Purposnive Sampling. Sehingga diperoleh sampel 21 perusahaan yang mencapai kriteria. Data dianalisis menggunakan regresi sederhana dan uji hipotesis menggunakan uji parsial (uji t). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pajak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci: Perencanaan pajak, nilai perusahaan


Keywords


perencanaan pajak, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Harmono. (2014). Mannnajemen Keuangan Berbasis Balance Scorecard. Bumi aksara.

Herawati, H., & Ekawati, D. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnalll Riset Akuntansi Dan Keuanngan, 4(1).

Hermuningsih, S. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Di Indonesia. Buletin nEkonomi Moneter Dann Perbankan, 16(2).

Khaoula, A., & Ali, Z. M. (n2012n). The board of directors and the corporate tax planning: Empirical Evidence from Tunisia. International iJournal of Accounting and Financial Reporting, 2

Lanis, R., & Richardson, G. (2012). Corporate social responsibility and tax aggressiveness: An empirical analysis. Journal of Accounting and Punblic Policy, 31(1).

Pohann, nChairiIn nAnwar. 2016. nManajemen Perpajakann nStrategni nPerencanaann nnPajak dan Bisnis. Jakarta: n PT nGramedia

Suandy, E. (2011). Perencanaan Pajak (Edisi 5). In Perencanaan Pajak (Edisi 5).

Yoehana, M. (2013). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak. Skripsi Universitas nDiponegoro, 4(2).

Tsani Aulia Rabius, Nurleli. (2021). Analisis Penerapan Total Quality Management dan Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Prosiding Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). Hal 30-37




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.31606

Flag Counter    Â