Analisis Total Quality Management dalam Kaitannya dengan Kinerja Perusahaan

Adelia Handayani Waskito

Abstract


Abstract. This kind of global competition gives consumers a wide range of choices, and they are increasingly paying attention to cost and value awareness when they need high quality products and services. This results in competition between companies. Companies must prioritize the quality of performance because it can show the planning and implementation of strategies so that company goals can be achieved. This research was conducted at Bank BTN KC Bandung. This study aims to determine the Implementation of Total Quality Management (TQM) in Relation to Company Performance. The research method used is qualitative with a descriptive analysis approach. The respondents who were used as samples were 57 employees. The research instrument used was a questionnaire with data analysis techniques, namely data reduction, data display, and data verification (validity and reliability). The results of this study indicate that the implementation of TQM shows very good results.

Keyword: Bank BTN, Total Quality Management, Company Performance

Abstrak. Persaingan global semacam ini memberi konsumen berbagai pilihan, dan mereka semakin memperhatikan kesadaran biaya dan nilai ketika mereka membutuhkan produk dan layanan berkualitas tinggi. Hal ini mengakibatkan persaingan antar perusahaan. Perusahaan harus mengutamakan kualitas kinerja karena dapat menunjukan perencanaan dan pelaksanaan strategi sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini dilaksanakan di Bank BTN KC Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Kaitannya dengan Kinerja Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Adapun responden yang dijadikan sampel sebanyak 57 orang karyawan. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data (validitas dan reabilitas). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi TQM menunjukan hasil yang sangat baik.

Kata kunci: Bank BTN, Total Quality Management, Kinerja Perusahaan


Keywords


Bank BTN, Total Quality Management, Kinerja Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Ade Dya,dkk . 2015. “Total Quality Management (TQM), Biaya Kualitas Dan Kualitas Produk Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Budaya Kualitas Sebagai Variabel Moderasi†Vol. 5 No. 1

Ariantini,dkk. 2017. “Pengaruh Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan†(Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015) Vol. 2 No. 1

Belverd. 2012. “Corporate Governance In Turkey: Issues And Practices Of High-Performance Companiesâ€

Budhiman, 2019. Pejabat BUMN Korupsi, Tata Kelola jadi Sorotan

https://kabar24.bisnis.com/ [24/03/2019]

Fremara, Nanda Septian. 2017. “Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan†(Studi kasus pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan) dalam skripsi: Universitas Muhammadiyah Malang

Jakarta, Koran. 2017. Jasa Marga Abaikan GCG

http://www.koran-jakarta.com/ [25/09/2017]

Kaplan dan Norton, 2000. Balanced Scorecard: Menerapkan strategi menjadi aksi, Erlangga, Jakarta.

Kristiawan, Muhammad. 2017. Manajemen Pendidikan

Maya Sari,dkk. 2018. “The Influence Of Organization’s Culture And Internal Control To Corporate Governance And Is Impact On Bumn (State-Owned Enterprises) Corporate Performance In Indonesia†Vol. 9 Iss 2(32)

Mulyadi. 2007. Balance Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan. Edisi kelima, Salemba Empat, Jakarta

Mulyadi, 2009. Akuntansi Biaya, Edisi ke 5. Yogyakarta: STIE YKPN.

Muslihah, Eni. 2017. SPRI Minta Kemenkes Tinjau Ulang Pelayanan Rumah Sakit dan BPJS di Lampung

https://nasional.kompas.com/ [21/09/2017]

Nasution, 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Edisi 3.

Nazir. Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Perwakilan, Kabar. 2018. Pelayanan Buruk Kantor POS Cabang Blora, Dapat Sorotan Tegas Ombudsman RI

https://www.ombudsman.go.id/ [28/02/2018]

Sakarina, Sari. 2019. “The Effect Of Organizational Culture And Total Quality Management On Organizational Performance By Intervening Consumer Trust: Survey Of University Students And Lecturers In South Sumatra†Vol. 9 No. 4

Samryn, 2012. Akuntansi Manajemen.

Samsul, Mohamaad. 2006. Pasar Modal & Manajemen Portofolio

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Sofianty, Diamonalisa dkk. 2019. Statistika Penelitian Dengan SPSS. Bandung

Sugianto, Danang. 2018. Sahamnya Anjlok, Bos BNBR Akui Kinerja Perusahaan Buruk.

https://finance.detik.com/ [26/06/2018]

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

__________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

__________. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

__________. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta

Tajuddin, dkk, 2016. Kesuksesan Sistem Informasi Perguruan Tinggi dan Good University Governance.

Tsani Aulia Rabius, Nurleli. (2021). Analisis Penerapan Total Quality Management dan Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Prosiding Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). Hal 30-37




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30985

Flag Counter    Â