Pengaruh Deviden Per Share dan Net Profit Margin terhadap Harga Saham

Ainun Nur Syamsiah, Edi Sukarmanto

Abstract


Abstract. This study aims to determine the effect of dividends per share and net profit margin on stock prices. The object of research used in this research is dividend per share, net profit margin and stock price. The subjects in this study were manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The research method used is verification with a quantitative approach. This study uses secondary data with purposive sampling method with a sample of 41 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2017-2019 observation period or 123 observations. Hypothesis testing in this study using multiple linear regression analysis.

Keywords: Dividend Per Share, Net Profit Margin, Share Price

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii pengaruh deviden per share dan net profit margin terhadap harga saham. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deviden per share, net profit margin dan harga saham. Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penelitian yang digunakan adalah verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 41 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam rentang waktu pengamatan 2017-2019 atau sebanyak 123 pengamatan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil pengujian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa deviden per share, dan net profit marin berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Kata Kunci: Deviden Per Share, Net Profit Margin, Harga Saham


Keywords


Deviden Per Share, Net Profit Margin, Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Keown and Scott, 2000. JIAFE(Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi) Volume1 No. 2 Tahun 2015, Hal. 95-117

Tandelilin, 2010. Buku Portofolio dan investasi teori aplikasi

Darmaji serta Hendry, 2011. Pengaruh Earning Per Shrae dan Deviden Per share trhadap hargasaham prusahaan prtambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013. Jurnal mnajemen dan keuangan, vol 5, no 1, mei 2016.

Hery, 2015. Pengaruh Return On Asset, Net Profit Margin, dan Earning Per Share Tergadap Harga Saham pada prusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015.

Susan Irawaty, 2006. Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Intan, 2009. Pengaruh Devidend Per Share, Earning Per Share dan Net Profi tMargin Terhadap Harga Saham pada prusahaan persero yang trdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jim upn vol7 no.2 2019.

Widyawati Ofi Maulidya, Nurhayti, Nurcholisah Kania. (2021). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Likuiditas terhadap Peringkat Sukuk Korporasi Perusahaan Periode 2015-2018. Prosiding Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). Hal 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30680

Flag Counter    Â