Pengaruh Dukungan Manajemen Puncak dan Pengetahuan Manajer terhadap Kualitas Aplikasi E-Tiket

Arga Febrians, Magnaz Lestira Oktaroza

Abstract


Abstract. This study aims to examine the effect of top management support and manager knowledge on the quality of e-ticket applications. The research method uses descriptive and verification using a quantitative approach. This type uses primary data obtained from company managers Redwhite star Primajasa Bandung, X Trans Shuttle, Areon Trans, Arnes Shuttle Bandung, Pasteur Trans. The sampling technique used non-probability sampling and used purposive sampling technique. with the number of respondents as many as 45 Managers. The data were analyzed by multiple linear regression analysis and hypothesis testing. The results of this study stated that top management support had no effect on the quality of the e-ticket application and the knowledge of managers had a positive and significant effect on the quality of the e-ticket application.

Keywords: Top Management Support, Manager Knowledge, Quality of E-Ticket Application

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan manajemen puncak dan pengetahuan manajer terhadap kualitas aplikasi e-tiket. Metode penelitian menggunakan deskriptif dan verifikatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis menggunkan data primer yang diperoleh dari Manajer perusahaan Redwhite star Primajasa Bandung, X Trans Shuttle, Areon Trans, Arnes Shuttle Bandung, Pasteur Trans. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dan menggunakan teknik purposive sampling. dengan jumlah responden sebanayak 45 Manajer. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis, Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Dukungan Manajemen Puncak tidak berpengaruh terhadap Kualitas Aplikasi E-Tiket dan Pengetahuan Manajer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Aplikasi E-tiket.

Kata Kunci: Dukungan Manajemen Puncak, Pengetahuan Manajer, Kualitas Aplikasi E-Tiket.


Keywords


Dukungan Manajemen Puncak, Pengetahuan Manajer, Kualitas Aplikasi E-Tiket

Full Text:

PDF

References


Afrizon (2018). “The Influence Of Strategic Management, Top Management Support And Users Competency To Accounting Information System Quality And Their Impact’s To Accounting Information Qualityâ€. Bandung: Padjadjaran Bandung University.

Al-Emran,Mostafa & Vitality Mezhuyev & Adzhar Kamaludin & Khaled Shaalan.2018. The Impact of knowledge Management Processes on Information Systems: A Systematic Review. Jurnal.

B, Marshal Romney, dan Steinbart, Paul John. 2009. Accounting InformationSystems. USA: Cengage Learning.

Blenz 2008. Strategi Pemasaran. EdisiKetiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Bodnar, George H., and William S. Hopwood. 2010. Accounting Information System. Yogyakarta: ANDI.

Dalkir, Kimiz. 2011.Knowledge Management in Theory and Practice, Burlington,MA, Elsevier Butterworth-Heinemann.

DeLone, W.H., dan McLean, E.R.2003.Information SystemsSuccess: The Quest for theDependent Variable.Information SystemsResearch, pp. 60-95.

Eros Kinska, (2007),Penerapan E-Ticketing dalam Bidang Transportasi Udara., Erlangga,Jakarta.

Fukuzaki, Y., Yang, J., Zhang, L., Hira, D., & Furukawa, K. (2010). High-rate nitrogen removal by the Anammox process at ambient temperature. Bioresource Technology, 102(2), 672–676. https://doi.org/10.1016/j.biortech.2010.08.039.

Hartono, Jogiyanto. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. Edisi 5. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Indahwati, Rini (2017), Pengaruh Teknologi Informasi, Dukungan Manajemen Puncak dan Kompetensi Pengguna terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi dan Dampaknya Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi.

Kenneth C. Laudon; Jane P.Laudon, 2000,Management Information Systems,organization and Technology in The Networked Enterpiseâ€, Prentice-Hall, New Jersey, USA.

Kim, S.Y., Kim, S.J, Lee, J.Y., Kim, W.G., Park, W.S., Sim, Y.C., dan Lee, S.J. 65.

Marimin dan N. Maghfiroh. 2011. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor: IPB Press. 281 hal.

Mohamad Ilham, Paulus Peka Hayon (2018 : 71), “Pengaruh Komitmen Organisasi dan Pengetahuan Manajer Terhadap Keberhasilan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus pada Kantor Distrik dan Kampung-Kampung di Distrik Semangga Kabupaten Merauke)†JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL, VOL.IX, NO. 1, APRIL 2018; 62-73.

Tsani Aulia Rabius, Nurleli. (2021). Analisis Penerapan Total Quality Management dan Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Prosiding Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). Hal 30-37




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30246

Flag Counter    Â