Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2014)

Nur Annisa Citra Sukmawati, Diamonalisa Sofianty, Edi Sukarmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal terhadap kualitas laba dan pengaruh ukuran perusahaan terhadap kualitas laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010 sampai dengan tahun 2014. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan berdasarkan kriteria–kriteria tertentu, sehingga didapat sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur modal tidak berpengaruh terhadap kualitas laba sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kualitas laba. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan untuk penelitian yang sama sebaiknya menggunakan alat ukur lain seperti risiko sistematik dan Investment Opportunity Set (IOS) dan menggunakan periode lebih dari 5 tahun agar periode pengamatan lebih panjang.

Keywords


Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Kualitas Laba

References


Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Kamaludin. 2011. Manajemen Keuangan “Konsep Dasar dan Penerapannyaâ€. Bandung: Mandar Maju.

Novianti, Rizki. 2012. Kajian Kualitas Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Accounting Analysis Journal 1(2). FE. Universitas Negeri Semarang. Semarang. http://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/aaj/656, 15 November 2015 Pukul 12:05 WIB.

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat cetakan ketujuh, Yogyakarta : BPFE.

Scott, W. R. 2001. Financial Accounting Theory, 2nd edition. Prentice Hall Canada Inc.

Soemarso S. R. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Buku satu edisi lima. Jakata: Salemba Empat.

UU No. 20 Tahun 2008

Sumber Lain:

www.idx.co.id

www.yahoofinance.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2900

Flag Counter    Â