Perancangan Sistem Informasi Usaha Jasa Pengiriman Barang pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) Agen Surapati Bandung

Erica Meisha Alifia, Magnaz Lestira Oktaroza, Nunung Nurhayati

Abstract


Penelitian mengenai sistem informasi usaha jasa pengiriman barang dilakukan pada Oktober hingga Februari 2016 di PT. TIKI JNE (Jalur nugraha Ekakurir) Agen Surapati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan sistem informasi usaha jasa pengiriman barang yang diterapkan di PT. TIKI JNE (Jalur nugraha Ekakurir) Agen Surapati Bandung serta merancang model sistem informasi usaha jasa pengiriman barang yang sesuai untuk PT. TIKI JNE (Jalur nugraha Ekakurir) Agen Surapati Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analisis, dan dilakukan melalui tahapan system develpoment yang menggunakan metode pengembangan FAST (Frame Work for the Application of System Technique) dan teknik pengembangan JAD (Joint Application Development) mengikuti tahapan-tahapan Sistem Life Cycle dengan tambahan alat-alat dan teknik yang disediakan untuk memudahkan analis dalam pelaksanaan pengembangan sistem, sehingga hasil akhir dari sistem yang dikembangkan akan mendapatkan sistem yang terstruktur dan didefinisikan dengan baik dan jelas. Sistem informasi usaha jasa pengiriman barang yang sedang diterapkan di PT. TIKI JNE (Jalur nugraha Ekakurir) Agen Surapati Bandung terdapat beberapa kekurangan diantaranya Tidak adanya pemisahan tugas pada bagian Cash Sales Counter di agen dalam pengelolaan barang, tidak ada dokumen masuk dan keluar barang, dan tidak adanya dokumen penolakan pemeriksaan isi kiriman dan asuransi pada barang HVS (High Valued Shipping). Hasil yang didapatkan dari analisis dan perancangan yang dilakukan yakni sistem informasi usaha jasa pengiriman barang PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) Agen Surapati Bandung memiliki Bagian Pengelolaan Barang yang mengelola kiriman atau barang di gudang/ tempat penyimpanan yang dilengkapi dengan database penyimpanan dan pengeluaran barang pada software yang dirancang.

Keywords


Perancangan Sistem Informasi, Usaha Jasa Pengiriman Barang

References


Hartanto, Chandra. 2009. Membangun Kerajaan Bisnis Bersama FJB Kaskus. Jakarta: Elex Media Komputindo.

O’Brien, James. A. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Azhar, Susanto 2007. Sistem Informasi Akuntansi; Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Mulyadi. 2008. Sistem Akuntansi. Cetakan Keempat. Salemba Empat. Jakarta.

Jeffery L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman. 2004. Metode Desain & Analisis Sistem. Edisi 6. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2842

Flag Counter    Â