Pengaruh Penerapan Balanced Scorecard terhadap Perilaku Kerja Manajer PT Telkom Indonesia Kota Bandung

Wilma Winati, Epi Fitriah

Abstract


Abstract. Balanced scorecard is a tool for measuring financial and non-financial performance which consists of four perspectives, namely financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and learning and growth perspective.  In general, the use of the balanced scorecard method in measuring company performance against managerial aspects to measure the work behavior of the company's managers is going well.  The purpose of this study was to determine the effect of a financial perspective, a customer perspective, an internal business process perspective and a learning and growth perspective in measuring performance using the balanced scorecard method on manager work behavior.  The research method used in the preparation of this thesis is survey and verification research methods, the population used in this study is the managers of PT Telkom by distributing questionnaires of 30 respondents.  The sampling method used was purposive sampling. The data analysis technique used was path analysis.  The results showed that the financial perspective, customer perspective, internal business process perspective and learning and growth perspective have an influence on manager work behavior.

Keywords: Balanced Scorecard, Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Business Process Perspective, Learning and Growth Perspective, Manager Work Behavior.

Abstrak. Balanced scorecard adalah alat untuk mengukur kinerja keuangan dan non keuangan yang terdiri dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Secara umum, penggunaan metode balanced scorecard dalam mengukur kinerja perusahaan terhadap aspek manajerial untuk mengukur perilaku kerja manajer perusahaan tersebut berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dalam pengukuran kinerja dengan metode balanced scorecard terhadap perilaku kerja manajer. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian survey dan verfikasi, populsi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para manajer PT Telkom dengan melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 30 responden. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan memberikan pengaruh terhadap perilaku kerja manajer.

Kata Kunci: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan, Perilaku Kerja Manajer


Keywords


Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan, Perilaku Kerja Manajer

Full Text:

PDF

References


Griffin, Ricky W, and Ronald J. Ebert. 2006. Bussiness 8th edition. New ersey : Prentice Hall.

Kaplan, Robert S, dan David P. Norton. Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi aksi, Terjemahan: Pasla Yosi Peter R. Jakarta : Erlangga, 2000.

Robbins, Stephen P., Coulter, Mary. 2007. Manajemen. Jakarta : Indeks.

Romli, Ikhsan Sabba. 2010. “Pengaruh Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard terhadap Perilaku Kerja Manajerâ€. Skripsi.

Sugiyono. 2007. Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tunggal, Amin Widjaja. 2001. Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard. Jakarta : Harvindo




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26988

Flag Counter    Â