Pengaruh Tingkat Profitabilitas dan Transfer Pricing terhadap Penghindaran Pajak

Neis Nur Aisyah Fitri, Diamonalisa Sofianty

Abstract


Abstract. Tax Avoidance is a method or strategy for taxpayers to pay the lowest possible tax legally in accordance with the provisions and laws, but tax avoidance is sensitive if it is not used properly and can affect the company's reputation. This study aims to determine the effect of the Level of Profitability and Transfer Pricing on Tax Avoidance in mining sector companies listed on the IDX in the 2012-2019 period. The research method used in this studyis a descriptive method with a quantitative approach. While the data used in this study are secondary data obtained from (www.idx.com). Data collection technique used is documentation technique. The population selected in this study were 49 mining sector companies using purposive sampling method, in order to obtain 5 samples of companies that meet the criteria. Data were analyzed using multiple regression and hypothesis testing using the F test and t test. Then the results of this study indicate that the Level of Profitability affects on Tax Avoidance, and Transfer Pricing no affects on Tax Avoidance.

Keyword: Level of Profitability, Transfer Pricing, Tax Avoidance

Abstrak. Penghindaran Pajak atau Tax Avoidance adalah cara atau strategi wajib pajak untuk membayar pajak yang serendah mungkin secara legal sesuai dengan ketentuan dan undang-undang akan tetapi penghindaran pajak bersifat sensitif apabila tidak dimanfaatkan dengan baik dan dapat berpengaruh pada reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Profitabilitas dan Transfer Pricing terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI pada periode 2012-2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari (www.idx.com). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Populasi yang dipilih pada penelitian ini yaitu sebanyak 49 perusahaan sektor pertambangan dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga memperoleh 5 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria. Data dianalisis menggunakan regresi berganda dan uji hipotesis mengunakan uji F dan uji t. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Profitabilitas berpengaruh terhadap Penghindaran Pajak, dan Transfer Pricing tidak berpengaruh terhadap Penghindaran Pajak.

Kata kunci: Tingkat Profitabilitas, Transfer Pricing, dan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance)

 


Keywords


Tingkat Profitabilitas, Transfer Pricing, dan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance)

Full Text:

PDF

References


Darmawan, I., & Sukartha, I. (2014). Pengaruh Penerapan Corporate Governance, Leverage, Roa, Dan Ukuran Perusahaan Pada Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi.

Darussalam, D. S. (2008). Konsep dan Aplikasi Cross-Border Transfer Pricing untuk Tujuan Perpajakan. Jakarta, Danny Darussalam Tax Center, Indonesia.

Hanlon, M., & Heitzman, S. (2010). A review of tax research. In Journal of Accounting and Economics. https://doi.org/10.1016/j.jacceco.2010.09.002

Kasmir. (2010). Kasmir. In PENGANTAR MANAJEMEN KEUANGAN.

Nugraha, R., & Kristanto, A. B. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemnafaatan Tax Haven. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(2), 160–171.

Sartono, A. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE. In Revolusi Industri 4.0: Desain Perkembangan Transaksi dan Sistem Akuntansi Keuangan.

Wijayani, D. R. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Keluarga, Corporate Governance dan Kepemilikan Institusional Terhadap Penghindaran Pajak di Indonesiafile:///E:/SMT 6/Referensi Jurnal/tax avoidance/chen2010 kepemilikan keluarga.pdf (Studi Empiris Perusahaan Manufaktu. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnisfile:///E:/SMT 6/Referensi Jurnal/Tax Avoidance/Chen2010 Kepemilikan Keluarga.Pdf, 13(2), 181–192.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26182

Flag Counter    Â