Pengaruh Kualitas Sistem Informasi dan Kualitas Layanan Penyedia Sistem Informasi Cyber Campus terhadap Kepuasan Mahasiswa (Survey pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Islam di Kota Bandung berakreditas A oleh BAN-PT)

Esti Meilani, Magnaz Lestira Oktaroza

Abstract


Abstract. The purpose of this research was to examine the influence of Information System Cyber Campus Quality and Service Providers Information Systems Cyber Campus Quality of the Student Satisfaction as information system cyber users. This research method uses descriptive and verification methods with a quantitative approach. The type of data used is primary data obtained from students of the faculty of economics at Islamic Universities in Bandung who have been accredited A by BAN-PT, namely the Islamic University of Bandung and the State Islamic University of Sunan Gunung Djati Bandung. The sampling technique for this study is convenience sampling with 144 students as respondents. Data were analyzed using multiple linear regression analysis and hypothesis testing. The results of this reseaerch indicate that the quality of the information system cyber campus has a positive and significant effect on student satisfaction and the service quality of theinformation system provider cyber campus has a positive and significant effect on student satisfaction.

Keywords: Information Cyber Campus System, System Provider Services, Student Satisfaction.

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari Kualitas Sistem Informasi Cyber Campus dan Kualitas Layanan Penyedia Sistem Informasi Cyber Campus terhadap Kepuasan Mahasiswa sebagai pengguna sistem informasi cyber campus. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari mahasiswa fakultas ekonomi pada Perguruan Tinggi Islam di Kota Bandung berakreditasi A oleh BAN-PT, yaitu Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah convenience sampling dengan jumlah responden sebanayak 144 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas sistem informasi cyber campus berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dan kualitas layanan penyedia sistem informasi cyber campus berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.

Kata Kunci: Sistem Informasi Cyber Campus, Layanan Penyedia Sistem, Kepuasan Mahasiswa.


Keywords


Sistem Informasi Cyber Campus, Layanan Penyedia Sistem, Kepuasan Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Apriyanti, I. et all. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Penerapan e-SPT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi. Vol. 2, No.2, pp 864-869

Delone, William H. And Ephraim R. Mclean. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update, Vol. 19 No.4, pp. 9-30.

Doll, W. J. and Gholamreza torkzadeh. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. Journal of MIS Quarterly.

Han, I., & Han, S. (2014). Adoption of the Mobile Campus in a Cyber Mobile Campus Innovation in a Cyber University. The International Review of Research in Open and Distance Learning, Vol 15 No. 6, pp 237–256.

Indrajit, Richardus Eko. (2011). Teknologi Maklumat dan PengajianTinggi: Menjawab Tantangan Pendidikan Abad ke-21. Informatika: Bandung

Mc Leod, R. (2007). Management Information Systems. Upper Saddle River: Pearson Education.

Nelson, R. Ryan, Peter A. and Barbara. Wixom. (2005). Antecedents of Information and System Quality: An Empirical Examination Within the Context of Data Warehousing. Journal of Management Information Systems. Vol. 21, No. 4, pp. 199-235.

Philip Kotler, Lane Keller. (2012). Marketing Management. Pearson: Global Edition.

Riski Ramadani. (2019). Riski Ramadani: Penerapan Cyber Campus Sangat Membantu tersedia di https://pontianak.tribunnews.com/2019/03/08/riski-ramadani-penerapan-cyber-campus-sangat-membantu diakses pada [4/11/19]

Theresia. (2019). Theresia: Penerapan Cyber Campus Itu Penting Nggak Penting Ya Tetap Penting, tersedia di https://pontianak.tribunnews.com/2019/03/08/theresia-penerapan-cyber-campus-itu-penting-nggak-penting-ya-tetap-penting diakses pada [4/11/19]

Tjiptono, Fandy. (2004). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25525

Flag Counter    Â