Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Penyaluran Kredit dan BOPO terhadap Non-Performing Loan (NPL)

Tria Novitasari, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to determine how the influence of DPK, PK, and BOPO on NPLs in banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the 2015-2018 period. This study will examine the variable DPK, PK, and BOPO. This study will examine the variable DPK, PK, and BOPO. The research approach used is quantitative with descriptive research methods. Determination of the sample used in this study using non-probability sampling with a purposive sampling method, therefore the number of samples in this study consisted of 30 companies The data collection technique is done by documenting the secondary data of the company's financial report. Data analysis techniques use SPSS 17.0 software support, and the analysis used is multiple regression analysis at a significant rate used at 5%. The results showed that part there was a significant effect between DPK, PK, and BOPO on NPL. In addition, simultaneously the results of the study show that there is also a significant influence between DPK, PK, and BOPO on NPL.
Keywords: DPK, PK, BOPO and NPL

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh DPK, PK, dan BOPO terhadap NPL pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2018. Penelitian ini akan menguji variabel DPK, PK, dan BOPO. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuanitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling, maka dari itu jumlah sampel pada penelitian ini terdiri dari 30 perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi pada data sekunder laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data menggunakan bantuan software SPSS 17.0, dan analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan taraf signifikan yang digunakan sebesar 5%.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara DPK, PK, dan BOPO terhadap NPL. Selain itu, secara simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa juga terdapat pengaruh yang signifikan antara DPK, PK, dan BOPO terhadap NPL.

Kata Kunci : DPK, PK, BOPO dan NPL.



Keywords


DPK, PK, BOPO dan NPL.

Full Text:

PDF

References


Budisantoso, T., & Nuritomo. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.

Dwihandayani, D. (2017). Analisis Kinerja Non-Performing Loan (NPL) Perbankan di Indonesia dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi NPL. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(3), 265-274.

Firdaus, H. R., & Maya, A. (2009). Manajemen Perkreditan Bank Umum. Bandung: Afabeta.

Ismail. (2013). Manajemen Perbankan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Jumansyah, M., & Siyanto, A. (2013). Analisis PENGARUH CAR, BOPO dan ROA Terhadap Non-Performance Loan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 46-65.

Kasmir. (2015). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Scott, W. R. (2012). Financial Accounting Theory. Sixth Edition. Toronto, Ontario: Pearson Canada Inc.

Sinaga, J. (2018). Pengaruh Suku Bunga, Nilai Tukar, Inflasi Dan Dana Pihak Ketiga (DPK) Terhadap Penyaluran Kredit Serta Dampaknya Terhadap Non-Performing Loan (NPL) Di Bank Xyz Segmen Commercial (Studi Kasus Pada Bank Xyz Periode Tahun 2015 – 2018. (Skripsi). Universitas Sumatera Utara.

Taswan. (2009). Manajemen Lembaga Keuangan Mikro BPR. Semarang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank.

Veithzal, R. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik, Edisi 2. Jakarta: PT. Rajawali Pers




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24359

Flag Counter    Â