Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Manajerial

Dzikry Alda Wijaya, Rini Lestari

Abstract


Abstract. This study aims to be able to explain job satisfaction, managerial performance and the magnitude of the effect of job satisfaction on managerial performance at Kantor Dinas Kehutanan in Bandung. The sample in this study was Kantor Dinas Kehutanan in the City of Bandung, namely all work units in Kantor Dinas Kehutanan in Bandung. The data collection technique used is in the form of a questionnaire with 30 respondents. The sample selection technique in this study is the non probality sampling technique with convenience sampling technique. Testing the hypothesis used is simple linear regression. Research has shown that job satisfaction and managerial performance at Kantor Dinas Kehutanan in the City of Bandung are included in "good" criteria. Job satisfaction affects managerial performance on Kantor Dinas Kehutanan in Bandung.

Keywords: Job Satisfaction, Managerial Performance

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mampu menjelaskan kepuasan kerja, kinerja manajerial dan besarnya pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja manajerial pada Kantor Dinas Kehutanan di Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah Kantor Dinas Kehutanan di Kota Bandung yaitu seluruh unit kerja pada Kantor Dinas Kehutanan di Kota Bandung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dalam bentuk kuesioner dengan responden sebanyak 30 orang. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini adalah teknik non probality sampling dengan teknik convenience sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan kerja dan kinerja manajerial pada Kantor Dinas Kehutanan di Kota Bandung termasuk dalam kriteria “baikâ€. Kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada Kantor Dinas Kehutanan di Kota Bandung.

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Kinerja Manajerial


Keywords


Kepuasan Kerja, Kinerja Manajerial

Full Text:

PDF

References


Harefa, Kornelius. 2008. Analisis Pengaruh Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Komunikasi Sebagai Variabel Moderating Pada PT. Bank Negara Indonesia. Tbk DI Medan, Tesis, Universitas Sumatera Utara: Medan.

Isyandi, B. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Global. Pekanbaru: Unri Press.

Kumolo, Tjahjo. 2019. Serapan Rendah, Sisa Anggaran di Pemda Capai Triliunan Rupiah. https://nasional.sindonews.com/read/1412770/15/serapan-rendah- sisa-anggaran-di-pemda-capai-triliunan-rupiah-1560911503 [12/17/2019].

Lina dan Stella.2013. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran terhadap Kinerja Manajerial: Kepuasan Kerja dan Job Relevant Information sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 15. No. 1: 37-56.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi Edisi ke-12, Jakarta: Salemba Empat.

Samsiah, S. 2012. Pengaruh Partisipasi dalam Penganggaran terhadap Kinerja Manajerial dengan Job Relevant Information, Kepuasan Kerja, dan Self Efficacy sebagai variabel Intervening. Pekanbaru: Universitas Riau.

Sari, Dista Widia, Arfan dan Syukry Abdullah. 2017. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kepuasan Kerja, Job Relevant Information dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Manajerial Kejaksaan Negeri Wilayah Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Volume 5, No. 2: 20-31.

Sari, Oxy Rindiantika dan Susilo. 2018. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 64 No. 1: 28- 35.

Umar, Husein. 2003. Business an Introduction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23962

Flag Counter    Â