Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan

Siti Nur Salamah, Rini Lestari, Epi Fitriah

Abstract


Abstract. Employee work productivity is determined by the organizational culture success. For the company's progress necessary awareness from the leadership or employees to be able to provide a high spirit to maintain, maintain and develop the organizational culture within a company. The phenomenon that occurs in PT Bank Aceh Syariah (BAS) indicates that the working culture in the bank's working environment impressed relaxed and semi-civil servants, thus, will affect the productivity of employees ' work in increasing due to the presence of digital banking activities. This observation aims to understand the organizational culture and employee work productivity and the impact of organizational culture on the productivity of employees working at the Sharia Bank in Bandung city. A verifiable method with a quantitative approach and primary data source is the method and source of the data used in this observation. The distribution of poll as the ordinance of data collection. The population of this observation is the sharia Bank in Indonesia, registered with OJK, with a population target of 16 Sharia banks in Bandung city. Employees at the Syariah General Bank in the city of Bandung are made samples. The sampling procedure for this observation is non probability sampling with the type of convenience sampling. Simple linear regression used in hypothesis testing. The observation stated that the organizational culture and employee work productivity at the sharia Bank in Bandung City are included in the criteria, because it has been able to implement the principles of organizational culture and employee work productivity. Hypothesized testing results stated that there was an organizational cultural influence on employee work productivity.

Keywords: Organizational Culture,Employee Work Productivity, Sharia Bank

 

Abstrak. Produktivitas kerja karyawan ditentukan oleh keberhasilan budaya organisasi. Untuk kemajuan perusahaan diperlukan kesadaran dari para pimpinan ataupun karyawan untuk dapat memberikan semangat yang tinggi guna memelihara, mempertahankan serta mengembangkan budaya organisasi di dalam suatu perusahaan. Fenomena yang terjadi pada PT Bank Aceh Syariah (BAS) menunjukkan bahwa budaya kerja yang ada di dalam lingkungan kerja bank tersebut terkesan santai dan semi PNS, dengan begitu, akan berimbas pada produktivitas kerja karyawan yang ikut meningkat karena adanya kegiatan perbankan yang serba digital. Observasi ini memiliki tujuan untuk memahami budaya organisasi dan produktivitas kerja karyawan serta dampak budaya organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada Bank Umum Syariah di Kota Bandung. Metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif serta sumber data primer adalah metode dan sumber data yang digunakan pada observasi ini. Adapun penyebaran angket sebagai tata cara pengumpulan data. Populasi dari observasi ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di OJK,dengan target populasi 16 Bank Umum Syariah di Kota Bandung. Karyawan pada Bank Umum Syariah di Kota Bandung yang dijadikan sampel. Tata cara penetapan sampel pada observasi ini adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Regresi linier sederhana yang digunakan dalam pengujian hipotesis. Hasil observasi menyatakan bahwa budaya organisasi dan produktivitas kerja karyawan pada Bank Umum Syariah di Kota Bandung termasuk dalam kriteria baik,karena telah mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip budaya organisasi dan produktivitas kerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa adanya pengaruh budaya organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan.

Kata Kunci: Budaya Organisasi,Produktivitas Kerja Karyawan,Bank Syariah


Keywords


Budaya Organisasi, Produktivitas Kerja Karyawan, Bank Syariah

Full Text:

PDF

References


Hasibuan. 2010.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotter P. Jones, James L.Heskeet. 1997.Corporate Culture and Performance. PT Prehallindo, Shimon and Sheester Pte.Ltd.

Wahjono, Imam Sentot. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Robbins, Stephen P. 2013. Organizational Behaviour Edition 15. New Jersey: Pearson Education.

Sulaiman, Haizir. 2019. Bank Aceh Syariah Segeralah Berbenah. Diakses pada 14 April 2020. Tersedia di: https://aceh.tribunnews.com/2019/08/08/bank-aceh-syariah-segeralah-berbenah

Rivai, Veithzal. dan Mulyadi, Deddy. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Supharta, Wayan Gede dan Desak Ketut Sintaasih. 2017. Pengantar Perilaku Organisasi. Denpasar: CV. Setia Budi.

Nurcholisah, Fadilah, dan Lestari. 2016.Penilaian Kinerja Organisasi menggunakan model Balanced scorecard dengan pendekatan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada Lembaga Amil Zakat. SpesIA UNISBA, Prosiding Akuntansi. Bandung. Universitas Islam Bandung.

Pratiwi, Lestari, dan Fitriah. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen (Studi Kasus di Universitas Islam Bandung). Prosiding Akuntansi Unisba, Vol. 2, No. 2, 2016, ISSN: 2460-6561.

Tan, V.S.L. 2002.Changing Your Corporate Culture. Singapore: Times Book.

Hansen, Don R., Mowen, Maryanne M. 2000.Akuntansi Manajemen (jilid 2, ed. 4). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Blocher, Chen, Lin. 2001. Akuntansi Manajemen. Buku Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Suwanto dan Tjutju Yuniarsih. 2013.Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22312

Flag Counter    Â