ANALISIS KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DENGAN BANK KONVENSIONAL

Miranti Chyntia Putri, Nurhayati Nurhayati, Diamonalisa Diamonalisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja keuangan antara bank syaariah dan bank konvensional pada tahun 2010-2014. Indikator yang digunakan untuk mengukuran kinerja keuangan perbankan adalah CAR, NPL, ROA, ROE, BOPO dan LDR. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bank umum dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Bank umum yang terpilih menjadi sampel adalah PT. Bank Mega.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif untuk menggambarkan kinerja berdasarkan indikator rasio keuangan, sedangkan metode kuantitatif untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan dengan menggunakan uji beda dua rata-rata (independent sample t-test).Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji t independent diketahui bahwa indikator CAR, NPL, ROA, ROE, dan BOPO tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara PT. Bank Mega dengan PT. Bank Mega Syariah. Sedangkan untuk  indiaktor LDR, terdapat perbedaan yang signifikan antara PT. Bank Mega dengan PT. Bank Mega Syariah. PT. Bank Mega Syariah memiliki kinerja perbankan lebih baik dibandigkan dengan Bank Mega Konvensional dilihat dari indikator ROA, ROE, FDR. Sedangkan indikator CAR, NPL, dan BOPO masih lebih rendah dibandingkan dengan Bank Mega.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja keuangan antara bank syaariah dan bank konvensional pada tahun 2010-2014. Indikator yang digunakan untuk mengukuran kinerja keuangan perbankan adalah CAR, NPL, ROA, ROE, BOPO dan LDR. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bank umum dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Bank umum yang terpilih menjadi sampel adalah PT. Bank Mega.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif untuk menggambarkan kinerja berdasarkan indikator rasio keuangan, sedangkan metode kuantitatif untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan dengan menggunakan uji beda dua rata-rata (independent sample t-test).Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji t independent diketahui bahwa indikator CAR, NPL, ROA, ROE, dan BOPO tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara PT. Bank Mega dengan PT. Bank Mega Syariah. Sedangkan untuk  indiaktor LDR, terdapat perbedaan yang signifikan antara PT. Bank Mega dengan PT. Bank Mega Syariah. PT. Bank Mega Syariah memiliki kinerja perbankan lebih baik dibandigkan dengan Bank Mega Konvensional dilihat dari indikator ROA, ROE, FDR. Sedangkan indikator CAR, NPL, dan BOPO masih lebih rendah dibandingkan dengan Bank Mega Konvensional.


Keywords


Analisis Rasio Keuangan, CAR, NPL, LDR, ROA, ROE, dan BOPO

References


Antonio, M.S, 2001, Bank Sayriah dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Dendawijaya, Lukman, 2009, Manajemen Perbakan. Bogor : Ghalia Indonesia.

Fahmi, Irham, 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta. Bandung

Ikatan Akuntansi Indonesia, 2008, Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Kasmir. 2008. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gunawan, Muhammad, 1999. Manajemen Bank Syariah. UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Martono, Harjito. 2002. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia.

Munawir, S. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Peraturan Bank Indonesia Nomor:6/10/PBI/2004 Tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

Peraturan Bank Indonesi No 9/1/PBI/2007 Tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Berdasarkan Prinsip Syariah. Jakarta. Indonesia.

Peraturan Bank Indonesia No.10/15/2008, Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank Umum.

Peraturan Bank Indonesia No.11/15/2010, Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank Umum.

Prasetyo, Indra. 2008. Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia, 6(2):164-174

Rahmawati, Isna. 2008. Analisis Komparasi Kinerja Keuangan PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank Rakyat Indonesia. Jurusan Ekonomi Islam. STAIN Surakarta. Jogjakarta

Rindawati, Ema. 2007. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Dengan Perbankan Konvensional. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Rivai, Veithzal, 2007, Bank and Financial Institution Manajement, Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Riyadi, Selamet. 2004. Banking Assets and Liability Management. Jakarta: Lemabaga Penerbit fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Siamat, Dahlan, 2005, Manajemen Lembaga Keuangan, Jakarta : FE UI.

Subaweh, Imam. 2008. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional Periode 2003-2007. Jurnal Ekonomi Bisnis No.2 Vol, 13 Agustus.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Susilo, Y.Sri, Sigit Triandaru, A.Totok Budi Santoso, 2006, Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Salemba Empat.

Sutriyani, 2007, Analisa Komparasi Kinerja Keuangan Antara Perbankan Konvensional dan Perbankan Syari’ahâ€, Skripsi Sarjana, Jurusan Ekonomi Islam STAIN Surakarta-SEM Institute, Yogyakarta, 2007.

Taswan. 2008. Manajemen Perbankan Konsep, Teknik & Aplikasi. Edisi II. Yogyakarta: UUP STIM YKPN




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2212

Flag Counter    Â