Pengaruh Persepsi Pengusaha, Umur Usaha, Sosialisasi dan Pelatihan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada UMKM di Kabupaten Bekasi

Fafat Patima, Kania Nurcholisah, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstract. This study aims to determine the efeect of Entrepreneurs’ Perception, Business Lifespan, Socialization and Training on the Application of Financial Accounting Standards for Non-Publicly-Accountable Entities (SAK ETAP) to UMKM in Bekasi Regency. The the research method used id quantitative research  through approach of descriptive and verification method The test on the influence of entrepreneurs’ perception, business lifespan, socialization and training on the application of financial accounting standards for non-publicly-accountable entities (SAK ETAP) using a questionnaire conducted by visiting respondents directly.. The data retrieval in this research employs the method of purposive sampling by determining the number of samples, based on specific criteria. The samples in this research are 48 people, who are the entrepreneurs of UMKM in Setu Sub-district, Bekasi Regency. The results of the study prove that entrepreneur perception, socialization and training affect the application of SAK ETAP while the age of the business does not affect the application of SAK ETAP.

Keywords: Entrepreneurs’ Perception, Business Lifespan, Socialization, Training, Application of SAK ETAP, Micro Small and Medium Enterprises

Abstrak. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Pengusaha, Umur Usaha, Sosialisasi dan Pelatihan terhadap penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada UMKM di Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan verifikatif. Pengujian persepsi pengusaha, umur usaha, sosialisasi dan pelatihan terhadap penerapan SAK Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) menggunakan kuesioner dilakukan dengan mendatangi langsung responden. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan menentukan jumlah sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 yang merupakan pengusaha UMKM di Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa persepsi pengusaha, sosialisasi dan pelatihan berpengaruh terhadap penerapan SAK ETAP sedangkan umur usaha tidak berpengaruh terhadap SAK ETAP.

Kata Kunci : Persepsi Pengusaha, Umur Usaha, Sosialisasi, Pelatihan, Penerapan SAK ETAP, Usaha Mikro Kecil dan Menengah.


Keywords


Persepsi Pengusaha, Umur Usaha, Sosialisasi, Pelatihan, Penerapan SAK ETAP, Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Full Text:

PDF

References


IAI. 2009. “Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publikâ€. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.Jakarta

Rahmawati.2012. Teori Akuntansi Keuangan.Yogyakarta: Graha Ilmu

Suryo, Anak. 2006. “Akuntansi untuk UKM: Metode Akuntansi Praktis dan Sederhana untuk Usaha Kecil dan Menegahâ€. Yogyakarta: Media Pressindo.

Ulum,Ihyaul.2009. Intellectual Capital: Konsep dan Kajian Empiris.Yogyakarta: Graha Ilmu

Widodo.2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Firmansyah, Rakmad Ady. 2013 Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil,dan Menengah di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya Vol.2 No.2

Supadmi, Ni Luh I Gusti Putu Ngr. A.P 2015. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kegunaan pada Implementasi SAK ETAP (Studi Empris pada UMKM di Denpasar Utara). Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Volume 13 no.3

Tarmizi, Rosmiaty, 2013. Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil dan Menengah Terhadap Pneggunaan SAK ETAP. Jurnal Universitas Bandar Lampung.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Marwansyah. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia edisi Kedua. Bandung: Alfabeta

Nugroho, Ahmadi.2012. “Faktor-faktor yang mempengaruhi Intellectual Capital Disclosureâ€.Accounting Analuysis Journal. Universitas Negeri Semarang

Lupiyoadi, R dan Ikhsan, R.B. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20303

Flag Counter    Â