Pengaruh Aktiva Pajak Tangguhan dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba

Febiane Ivana Salim, Diamonalisa Sofianty

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of Deferred Tax Assets and Deferred Tax Expense on Earning Management. The research method used is descriptive verification with a population of 73 companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the Utilities, Infrastructure and Transportation sectors for the 2015-2018 period. The sampling technique used was purposive sampling with 9 companies that met the criteria. Data analysis was performed using multiple linear regression and had fulfilled the classic assumption test. Based on the t test, the results show that the Deferred Tax Assets partially have a positive and significant effect on Earning Management and the Deferred Tax Expense partially have a negative and significant  effect on Earning Management.

Keywords: Deferred Tax Assets, Deferred Tax Expense and Earning Management.

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Aktiva Pajak Tangguhan dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan jumlah populasi sebanyak 73 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sektor Utilitas, Infrastruktur, dan Transportasi periode 2015-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 9 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan menggunakan menggunakan regresi linier berganda dan sudah memenuhi uji asumsi klasik. Berdasarkan uji t dieroleh hasil bahwa Aktiva Pajak Tangguhan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Manajemen Laba serta Beban Pajak Tangguhan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Manajemen Laba.

Kata Kunci: Aktiva Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan, dan Manajemen Laba.


Keywords


Aktiva Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan, dan Manajemen Laba.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Fr. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi 9.

Djamaluddin, Subekti. 2008. Analisis Perbedaan Antara Laba Akuntansi dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba dan Aliran Kas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 11 No. 1.

Harnanto. 2013. Akuntansi Perpajakan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Cetakan kedua. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

PSAK No. 46. Akuntansi Pajak Penghasilan. IAI.

Subramanyam dan Wild, John J. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Waluyo. 2008. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wulandari, Sisca Ayu. 2014. Perbedaan Tingkat Pengungkapan Islamic Sosial Reporting Perbankan Syariah di Indonesia dan Malaysia. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19804

Flag Counter    Â