Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba

Pinda Fitriani, Diamonalisa Sofianty, Elly Halimatusadiah

Abstract


Abstract. This studys aims on determines the effectt of tax planning and deferred tax expense on earnings managements. The research method used in this research is descriptive verification method. The population in hthis study is the infrastructure, utilities and transportation companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016 until 2018. Selection sample with purposive sampling methods. The data used in this research is a secondary data obtained from www.idx.co.id. Data collection techniques with engeneering documentationt.Data were analyzed using multipleregression analysis with SPSS 21. The results show that tax planning has a positive effect and significan on earning managements and deferred tax expensed does not effectd on earning managements.


Keywords: Tax Planning, Deferred Tax Expense, Earnings Management


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling. Datal yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang didapat dari www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Data penelitian dianalisa dengan analisis regresi berganda dengan SPSS 21. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perencanaan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba dan beban pajak tangguhan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.


Kata Kunci : Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Manajemen


Keywords


Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Manajemen

Full Text:

PDF

References


Dewinta, Ida Ayu Rosa. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, leverage, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance. 2013.

Harnanto.2011. Akuntansi Perpajakan. Yogyakarta. BPFE

Negara, A.A Gede Raka Plasa Negara. 2017. Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur.

Pindiharti, Dewi. 2011. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Aktiva Pajak Tangguhandan Akrual Terhadap Earning Management. Jakarta : Universitas Islam Syarif Hidayatullah.

Suandy, Erly. 2008. Perencanaan Pajak. Edisi Revisi. Jakarta : Salemba Empat

Sugianto, Danang. 2019. Diduga Manipulasi Laporan Keuangan, Citra Garuda Bisa Tercoreng. Tersedia di https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-4524853/diduga-manipulasi-laporan-keuangan-citra-garuda-bisa-tercoreng. [10/09/2019]

Sugianto,Danang. 2019.Mengenal Soal Penghindaran Pajak yang Dituduhkan ke Adaro Pajak. Tersedia di https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4612708/mengenal-soal-penghindaran-pajak-yang-dituduhkan-ke-adaro. [10/09/2019] 2012.

Sulistyanto, Sri. 2008. Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris. Jakarta : Grasindo

Sumomba, Cristina Ranty. 2010. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19768

Flag Counter    Â