Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada Perusahaan Bandung Furniture

Iqlima Kalista, Magnaz L Oktaroza, Nunung Nurhayati

Abstract


Abstract. Bandung furniture is a company engaged in manufacturing, which sells a variety of furniture. This company produces goods with a job order system. The obstacle encountered by Bandung Furniture Company in carrying out its operational activities is that there is no clarity in the roles, functions, and responsibilities of each part; uncontrolled entry and release of goods from inventory warehouses; documents used by the company are incomplete; and reports from each section are not generated. The purpose of this research is to design information systems for sales, production, buyers, warehouse inventory, and finance, so as to reduce obstacles in the management carried out by every part of the company. The method used in this research is the Freamwork For Application Of System Technique (FAST), through the System Development stage, and using data collection techniques using Joint Application Development (JAD). The results obtained from the design of the system conducted by researchers, that is several information system designs such as sales, production, purchasing, warehouse inventory, and financial information systems that are expected to help the company's operational activities to run more effectively and efficiently. In addition, the recommended system elements are documents, processes or procedures, and reports that support the company's operational activities.

Keywords: analysis and design of information systems

Abstrak. Perusahaan bandung furniture merupakan perusahaan yang bergerak bstrak.dibidang manufaktur, yang menjual berbagai macam furniture. Perusahaan ini memproduksi barang dengan sistem job order. Kendala yang dihadapi oleh perusahaan bandung furniture dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaannya yaitu tidak ada kejelasan peran, fungsi, dan tanggungjawab setiap bagian; pemasukan dan pengeluaran barang dari gudang persediaan tidak dikontrol; dokumen yang digunakan oleh perusahaan belum lengkap; dan laporan dari setiap bagian tidak dibuatkan. Tujuan dibuatkan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi penjualan, produksi, pembeli, gudang persediaan, dan keuangan, sehingga dapat mengurangi kendala dalam pengelolaan yang dilakukan oleh setiap bagian dalam perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Freamwork For Application Of System Technique (FAST), dengan melalui tahapan System Development, serta menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan Joint Application Development (JAD). Hasil yang diperoleh dari perancangan sistem yang dilakukan oleh peneliti, yaitu beberapa rancangan sistem informasi seperti, sistem informasi penjualan, produksi, pembelian, persediaan gudang, dan keuangan yang diharapkan dapat membantu kegiatan operasional perusahaan agar berjalan lebih efektif dan efisien. Selain itu, unsur-unsur sistem yang direkomendasikan yaitu dokumen, proses atau prosedur, dan laporan yang mendukung kegiatan operasional perusahaan.

Kata Kunci: analisis dan perancangan sistem informasi.


Keywords


analisis dan perancangan sistem informasi

Full Text:

PDF

References


Whitten, Jeffrey L & Lonnie D Bentley. 2007. System Analysis and Design Methods, Seventh Edittion. New York: McGrwaw-Hill Irwin.

Suyanto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta: Andi.

B. Romney, Marshall & Steinbart, Paul John. 2015. Sistem Informasi Akuntansi

Edisi 13. Terjemahan Kikin Sakinah Nur Safira & Novita Puspasari. Jakarta: Salemba Empat.

Bodnar, George H., and William S. Hopwood. 2010. Accounting Information

System. Yogyakarta: ANDI.

Raymond McLeod,Jr. 2001. Sistem Informasi Edisi 7 Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.

Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Keempat. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Bodnar, George & William Hapwood. 2000. Sistem Informasi Akuntansi.

Terjemahan Amir Abadi Jusuf, Jakarta: Salemba Empat.

Committee of Sponsoring Organizations of The Treadway Commission (COSO).

, Internal Control Intergrated-Framework Durham.

Whitten, Jeffrey L & Lonnie D Bentley. 2004. System Analysis and Design

Methods. New York: McGrwaw-Hill Irwin.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19708

Flag Counter    Â