PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DI YAYASAN BABUSSALAM AL-MUCHTARIYAH PUSAT BANDUNG

Siti Nursantika, Nunung Nurhayati, magnaz Lestira Oktaroza

Abstract


Dewasa ini kemajuan teknologi dan sistem informasi begitu pesat, sehingga dapat membantu organisasi dalam mengolah data menjadi informasi dengan lebih efektif dan efisien. Yayasan Babussalam Al-Muchtariyah Pusat Bandung merupakan salah satu yayasan yang bergerak dibidang pendidikan, keagamaan dan sosial kegiatannya menerima dana dari donatur dan menyalurkannya kembali untuk umat, maka diperlukannya sistem pengelolaan keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan yayasan dalam  mengelola keuangan. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi pengelolaan keuangan yang diterapkan dan mengetahui bagaimana rancangan sistem informasi pengelolaan keuangan yang sesuai untuk diterapkan di Yayasan Babussalam. Metode pengembangan sistem yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metodologi FAST (Framework for the Application of System Technique) dan mengikuti tahapan system development, serta menggunakan teknik pengumpulan data JAD (Joint Application Development), dengan tambahan alat-alat dan teknik untuk memudahkan analis dalam melaksanakan pengembangan sistem, sehingga mendapatkan hasil akhir sistem yang strukturnya didefinisikan dengan jelas dan baik. Hasil dari perancangan yaitu sebuah rancangan sistem informasi pengelolaan keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan Yayasan Babussalam. Sistem informasi pengelolaan keuangan yang sedang diterapkan terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, diantaranya tidak ada fungsi khusus dalam penerimaan kas, pelaporan keuangan yang tidak sesuai dengan garis wewenang, serta tidak dilakukannya penjurnalan dalam pencatatan transaksi sehingga laporan yang dihasilkan menjadi tidak balance. Beberapa permasalahan tersebut dapat mengakibatkan laporan yang dihasilkan terdapat kesalahan. Adapun keunggulan sistem yang dihasilkan adalah adanya Kasir yang secara khusus mengelola penerimaan dan pengeluaran kas yayasan sehingga meningkatkan pengendalian atas penerimaan dan pengeluaran kas, dokumen input yang mampu menghimpun informasi yang diperlukan, sistem dan prosedur yang memperkuat pengendalian pengelolaan keuangan yayasan, serta penggunaan database keuangan yang mampu membantu pengelolaan keuangan sehingga menghasilkan output yang dibutuhkan.


Keywords


Perancangan Sistem Informasi, Pengelolaan Keuangan, dan Yayasan.

References


Bastian, Indra. 2007. Akuntansi Yayasan dan Lembaga Publik. Jakarta: Erlangga.

Baridwan, Zaki. 2000. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: BPFE.

Bodnar, George H., William S. Hopwood. 2003. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Indonesia. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Borahima, Anwar. 2010. Kedudukan Yayasan di Indonesia: Eksistensi, Tujuan, dan Tanggung Jawab Yayasan. Jakarta: Kencana.

Hall, James A. 2007. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 4 Buku 1, Di-Indonesiakan oleh Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat.

Kartika Hadi, Hans dkk, 2012. Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Hartono, Jogiyanto. 1999. Analisis dan Disain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kadir, Abdul. 2009. Dasar Perancangan & Implementasi Database Relasional. Yogyakarta: Andi.

Laudon, Kenneth C, Jane P. Laudon. 2008. Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital, Edisi 10 Buku 2, Di-Indonesiakan oleh Chriswan Sungkono dan Macmud Eka. Jakarta: Salemba Empat.

Mardi. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor : Ghalia Indonesia.

Midjan, La, Azhar, Susanto. 2000. Sistem Informasi Akuntansi I. Bandung: Penerbit Lembaga Informatika Akuntansi.

Mulhadi. 2010. Hukum Perusahaan : Bentuk-bentuk Usaha di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyani, Sri. 2007. Metode dan Analisis Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Nordiawan, Deddi, Ayuningtyas Hertianti. 2010. Akuntansi Sektor Publik, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Prasetya, Rudhi. 2012. Yayasan dalam teori dan praktik. Jakarta : Sinar Grafika.

Romney, Marshall B, Paul John Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13, Di-Indonesiakan oleh Kikin Sukinah Nur Safira dan Novita Puspasari. Jakarta: Salemba Empat.

Rusdiansyah, Deddy. 2013. “Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Webâ€. http://deddyrusdiansyah.blogspot.com/2013/04/sistem-informasi-akuntansi-berbasis-web.html

Whitten, Jeffrey L., Lonnie D, Bentley,. 2004. System Analysis and Design Methods, Fourth Edition. United States : The McGraw-Hill.

Widjajanto, Nugroho. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1943

Flag Counter    Â