PENGARUH PERAN KOMITE AUDIT DAN AUDIT INTERNAL DALAM PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (STUDY KASUS PADA BEBERAPA PERUSAHAAN BUMN DI KOTA BANDUNG)

Rama Suita, Hendra Gunawan, Pupung Purnamasari

Abstract


Penelitian ini untuk menguji dan mengetahui kemampuan audit dan pengalaman auditor terhadap efektifitas pelaksanaan prosedur audit dalam kecurangan, metode penelitian ini digunakan adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data kuesioner dengan responden seluruh komite audit dan audit internal yang bekerja di PT PINDAD, PT DIRGANTARA, PT POS.

Analisi yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini antara lain : (1) Komite Audit berpengaruh positif dalam penerapan Good Corporate Governance; (2) Audit Intrnal memiliki pengaruh positif terhadap penerapan Good Corporate Governance

Telah melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan standard yang ditetapkan oleh Kementrian BUMN dan Bapepam. Selain itu, Komite Audit dan Audit Internal PT PINDAD, PPT DIRGANTARA, dan PT POS telah memiliki koordinasi kerja yang sangat baik dalam menjalankan tugas-tugasnya.


Keywords


Good Corporate Governance, Komite Audit, Audit Internal

References


Al-Jabali, MA & Abdalmanan, O., All. “Internal Audit and Its Role in Corporate Governance†Middle Eastern Finance and Economis (2011). American Institute of Certified Public Accountansts (AICPA)

Cadburry, Sir Adrian. 1999. Corporate Governance: A Framework for Implementation. Washington: The World Bank.

http://www.eurojournals.com/MEFE_11_15.PDF (21 November 2012

http://www.Ipsk.go.id (22 November 2012)

http://gustiphd.blogspot.com/2011/10/komisaris indeoenden-dan-gcg-html

(22 november 2012)

Jensen, M.C. & Meckling, W.H 1976, ‘Theiry of the Firm: Managerial Behaviour, Agency Costs and Ownership Structure’ , Journal of Financial Economics, Vol. 3, no. 4,pp. 305-360.

Kumaat, Valery,G.2011. Internal Audit. Jakarta : Erlangga

Gunawan. 2007. Teknik Analisis Data Kualitatif. Makalah Lokakarya Analisis Data Kualitatif Lemlit UNY.

Siti Partini. 1998. Penelitian Survei. Makalah Penataran Pengenalan Berbagai Pendekatan dan Metode Penelitian Lemlit UNY.

---------------2002. Proposal Penelitian Kualitatif. Makalah Lokakarya Penyusuna Proposal Penelitian Lemlit UNY.

Sudarsono, FX. 2004. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Makalah Lokakarya Penyusunan Proposal Penelitian TP FIP UNY.

Zamzani. 2007. Pokoknya Penelitian Kualitatif. Makalah Lokakarya Analisis Data Kualitatif Lemlit UNY

The Institute of Internal Auditors. 1993. Standar for the Professional of Internal Auditing.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1932

Flag Counter    Â