Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Tingkat Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure

Hanifa Eka Hapsari, Yuni Rosdiana, Rini Lestari

Abstract


Abstract.Companies that are engaged specifically in the mining sector have company operational activities that will interact directly not  only with the community but also with the surrounding environment. It is the company's obligation not to focus on the value of the company but also on the environment and the community around the operational area. The purpose of this study was to determine the effect of the mechanism of GCG and profitability on CSRD. This study uses the Verification method with a Quantitative approach. The data source used is secondary data taken from miningosectorocompanies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2015-2018 period.mThe data analysis technique used is multiplemregressionmanalysis,msimultaneousmtestm(F test)mandmpartialmtest (tmtest). theoresults of his researchmare the mechanism of GCG and profitability influence on CSRD.

Keywords: Mechanism of GCG, Level of Profitability, CSRD


Abstrak.Perusahaan yang bergerak khususmya pada sektor pertambangan memiliki kegiatan operasional perusahaan akan bersinggungan langsung tidak hanya dengan masyarakat tetapi juga dengan lingkungan sekitar. Hal ini sudah kewajiban perusahaan untuk tidak berfokus pada nilai perusahaan saja akan tetapi juga dengan lingkungan dan masyarakat sekitar wilayah operasional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mekanisme GCG dan profitabilitas terhadap CSRD. Penelitianminimmenggunakanmmetode Verifikatif dengan pendekatanmKuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari perusahaan sektor pertambangan yang tercatat di BEI Jakarta  periode 2015-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Berganda, Uji secara simultan (Uji F) dan Uji secara parsial (Uji t). hasil penelitiannya adalah mekanisme GCG dan profitabilitas berpengaruh terhadap CSRD.

 

Kata Kunci : Mekanisme GCG , Tingkat Profitabilitas, CSRD


Keywords


Mekanisme GCG , Tingkat Profitabilitas, CSRD.

Full Text:

PDF

References


lKomite lNasional lKebijakan lGovernance l (KNKG). 2006. lPedoman lUmum lGood lCorporate lGovernance lIndonesia. Jakarta. Diakses tanggal 12 Januari 2013.

lThemlIndonesianmlInstitutemlformlCorporate lGovernance (IICG). 2009. lCorporate lGovernance lPerception lIndex 2008. (www.iicg.org). Diunduh 10 mei 2019

lAndrian lSutedi, 2011. lGoodmlCorporatemlGovernance. Jakarta: Sinar Grafika.

lBoediono, lGideon. 2005. lKualitas lLaba: lStudi lPengaruh lMekanisme lCorporate lGovernance dan lDampak lManajemen lLaba dengan lMenggunakan lAnalisis Jalur. lSimposium Nasional Akuntansi (SNA) VIII Solo.

Masdupi,p2005.†AnalisispDampak struktur kepemilikanppada Kebijakan Hutang dalam MengontrolpKonflik Keagenan.†JurnalmEkonomimBisnismvol.20, No.1. Desember .56-69.

Sudantoko, D danmReviani. 2012. “Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Corporate Governance Terhadap Manajemen Labaâ€. Prestasim(ISSNk1411-1497),pVol. 9, No. 1 - Junim2012.

IoMadeoSudana. 2011. ManajemenpKeuanganoPerusahaanoTeori danoPraktik. Jakarta: Erlangga

Global Reporting Initiative (GRI). 2013. G4 SustainabilitylReporting Guidelines – Reporting Principles and Standard Disclosures. Amsterdam.

Ahmad Husnan, Sugeng Pamudji (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR Disclosure) Terhadap KInerja Keuangan Perusahaan. Ejournal akuntansi Universitas Diponogoro. ISSN (Online): 2337-3806.

Amalia Ramdhaningsih dan I Made Karya Utama (2013) Pengaruh Indikator Good Corporate Governance dan Profitabilitas Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. ISSN: 2302-8556.

Anggita, Sari Rizkia. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19114

Flag Counter    Â