Pengaruh Rasio Likuiditas dan Rasio Solvabilitas terhadap Profitabilitas Perbankan

Shafira Ryanti Minrai

Abstract


Abstract. This study aims to provide empirical evidence regarding the effect of liquidity ratios and solvency ratios on profitability in banking companies listed on the IDX. The liquidity ratio in this study is measured by the formula for calculating Loan to Deposit Ratio. Solvability ratio is measured by the ratio of total debt to total assets. Profitability is measured by Return on Assets. This study uses secondary data obtained from the company www.idx.co.id. The population in this study are banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange for 3 years, from 2015 to 2017. While the study sample was determined by purposive sampling method to obtain 22 sample companies. Data collection techniques are library research techniques (Library Research) and documentation techniques. The analysis used in this study is multiple regression analysis. The results of this study are (1) Liquidity Ratios affect profitability (2) Solvability ratio affects profitability.

Keywords: Liquidity Ratio, Solvability Ratio, Profitability


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh rasio likuiditas dan rasio solvabilitas terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Rasio likuiditas dalam penelitian ini di ukur dengan rumus perhitungan Loan to Deposit Ratio. Rasio Solvabilitas di ukur dengan perbandingan total hutang terhadap total aset. Profitabilitas diukur dengan Return on Assets. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 3 tahun yakni dari 2015 sampai dengan tahun 2017. Sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 21 perusahaan sampel. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik penelitian kepustakaan (Library Research) dan teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Rasio Likuiditas berpengaruh terhadap profitabilitas (2) Rasio Solvabilitas berpengaruh terhadap profitabilitas.

Kata Kunci : Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Profitabilitas

Keywords


Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Amdani dan Desnerita. 2015.

Pengaruh Struktur Modal dan Working Capital Turnover Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Pembayar Pajak Perusahaan yang di Periksa oleh Kantor Pelayanan Pajak Madya Jakarta Pusat). Jurnal Akuntansi. Volume XIX No 3. Universitas Persada Indonesia. Jakarta.

Fani Ramadanti, Wahyu Meiranto.2015. Jurnal Riset Akuntansi. Analisis Pengaruh

Resiko Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan Di Indonesia.

Drs. S. Munawir. (2010).Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS Edisi ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Berita dua. 2018. Analisa Fundamental dan Teknikal TLKM Laba Meningkat Namun Asing Lepas Rp 249 T, tersedia di tersedia di

lhttp://amp.bareksa.com/en/text/2018/03/15/analisa-fundamental-dan-teknikal-tlkm-laba-meroket-namun-asing-lepas-rp249-t/18719/analysis

Kasmir. 2008. lAnalisis Laporan

Keuangan.Jakarta: Rajawali Pers. 7

Munawir. 2007. lAnalisis Laporan

Keuangan. Yogyakarta : Edisi Empat, Liberty.

Rahmah, Amrita Maulidia. 2016.

Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 4 Tahun 2016).

Sofianty, Diamonalisa & Nurhayati,

Nunung. 2018. Statistik Penelitian dengan SPSS. Bandung : Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19097

Flag Counter    Â